Masuk

Ma’ruf Amin Duduki Jabatan Presiden Joko Widodo Selama Kunjungan Kerja

Komentar

Terkini.id, Jakarta- Wakil presiden Ma’ruf Amin menduduki Jabatan Presiden Joko Widodo selama kunjungan kerja ke luar negeri. Beliau menggantikan tugas Presiden Joko Widodo dalam pelaksanaan tugas harian (Plt) selama kunjungan kerja Presiden ke China, Jepang, dan Korea Selatan.

Selama kepergian Jokowi ke luar negeri Wakil Presiden Ma’ruf Amin ditugaskan menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Presiden.

Seperti tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 14 Tahun 2022, Ma’ruf Amin akan menduduki jabatan itu selama tiga hari mulai 25 Juli 2022 sampai dengan 29 Juli 2022.  

Baca Juga: Bupati Wajo Sambut Kedatangan Wapres RI Dalam Rangka Pembukaan Muktamar As’adiyah XV

“Menugaskan Wakil Presiden untuk melaksanakan tugas sehari-hari Presiden sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan selama Presiden melaksanakan kunjungan kerja dan atau kenegaraan ke Republik Rakyat Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan, pada tanggal 25 sampai dengan 29 Juli 2020 atau sampai dengan tanggal tiba kembali di tanah air,” bunyi diktum kesatu Keppres 14/2022 yang dikutip dari kompas.com pada Rabu 27 Juli 2022.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin berwenang menentukan kebijakan baru selayaknya Presiden. Namun, ia wajib berkonsultasi dengan Jokowi sebelum mengeluarkan kebijakan. 

“Apabila dalam jangka waktu penugasan tersebut, perlu segera ditetapkan suatu kebijakan baru, maka wakil presiden sebagai pelaksana tugas Presiden wajib terlebih dahulu berkonsultasi meminta persetujuan Presiden,” bunyi diktum kedua dikutip dari kompas.com pada Rabu 27 Juli 2022.

Baca Juga: Heboh, Pernyataan Jokowi Seputar Pemimpin Rambut Putih, Denny Siregar: Bukan Ganjar, Bapak Rambutnya Hitam

Tugas Ma’ruf Amin sebagai (Plt) presiden berakhir setelah Jokowi kembali ke tanah air. Ma’ruf juga diminta segera melapor kepada Jokowi usai tugas selesai. PLT Presiden berakhir setelah Jokowi kembali ke tanah air. 

“Setelah Presiden berada kembali di tanah air, penugasan berakhir dan Wakil Presiden segera melapor pelaksanaan tugas tersebut kepada Presiden,” bunyi diktum ketiga dikutip dari kompas.com pada Rabu 27 Juli 2022.