Makassar Terkini
Masuk

Ungkap Alasan Pilih Gabung Partai Gelora, Miing Bagito: Tidak Suka Terkungkung Dalam Feodalism

Terkini.id, JakartaDedi Gumelar atau yang kerap dikenal dengan Miing Bagito mengungkapkan alasan memilih untuk bergabung dengan Partai Gelora.

“Tentu gini, saya termasuk orang yang tidak suka terkungkung dalam feodalism secara budaya, yang menarik partai ini nggak ada dewan syuro, pasti nggak ada yang atur artinya teman-teman bisa berundingan sendiri, ini menarik,” ucap Dedi dilansir dari Republika, Kamis 4 Agustus 2022.

Miing menyebut Partai Gelora tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan partai politik lainnya yang secara struktural terdiri dari Ketua Umum dan Sekjen.

Namun Miing menilai Partai Gelora menjunjung tinggi kesetaraan dibandingkan partai politik lainnya.

“Secara psikologis lebih equal gitu. Bukan berarti kita berhak dalam tanda kutip kalau anak Betawi bulang ngelunjak atau apa, tapi tidak. Tapi, lebih kita punya kreatifitas, punya kemerdekaan berpikir itu bisa disampaikan,” jelasnya.

Miing menambahkan, ketika seseorang terkungkung tentu saja dirinya akan sangat sulit untuk berkarya dan berkarir.

“Karena esensinya bagi seseorang bisa berkarya, bisa berkarir, bisa apa saja baik sosial-budaya, sosial-politik esensinya kemerdekaan. Ketika kemerdekaan terkungkung itu agak sulit. Sehebat apapun orang berpikir belum tentu bisa sama dengan orang lain,” tandasnya.

Disamping itu Miing berujar sudah bersahabat cukup lama dengan Anis Matta selaku Ketua Umum Partai Gelora dan Fahri Hamzah yang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Gelora.

Dirinya mengaku mempunyai kedekatan secara emosional dengan Partai Gelora.

“Saya kira ini bisa menjadi arah baru untuk terlibat dalam perjuangan memperbaiki, jadi yang menarik buat saya tidak membicarakan masa lalu siapapun dia yang ada di belakang itu, tapi berpikir ke depan dengan siapa dia bersama. Ini jadi penting buat saya,” ucapnya.

Miing Bagito seperti diketahui pernah tergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Pelawak senior ini pun juga pernah menjabat sebagai anggota DPR periode 2009-2014.

Sebelum memutuskan bergabung dengan Partai Gelora, Miing juga sempat tercatat sebagai kader Partai Amanat Nasional (PAN).