MTT Telkomsel dan IZI Sulsel Panen 68 Kg Ikan Air Tawar di Matekko

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan

Terkini.id, Gowa- Majelis Telkomsel Takwa (MTT)  bekerjasama dengan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Sulawesi Selatan pada Sabtu, 14 November 2020 telah melakukan panen raya sebanyak 68 Kg di Dusun Matekko, Desa Erelembang, Kabupaten Gowa. 

Proses budidaya ikan air tawar tersebut menggunakan teknik mina padi, yakni teknik penggabungan menanam padi dan pembibitan ikan dalam satu lokasi. 

Desa Matekko dipilih sebagai salah satu desa binaan IZI Sulawesi Selatan, khususnya untuk program budidaya ikan air tawar. Sebab, wilayah tersebut dinilai perekonomian masyarakatnya masih kurang dan sulitnya akses sumber makanan, khususnya ikan karena letak geografis desa yang beradi di kawasan pegunungan. 

Kepala Bidang Pendayagunaan IZI Sulsel, Jumhar mengatakan, salah satu alasan lainnya ialah minimnya sumber protein hewani di daerah tersebut. Karena  letak dusun yang jauh dari jalan aspal dan kondisi jalan yang belum memadai sehingga menyulitkan untuk masyarakat berkembang.

“Masyarakat sangat antusias dalam kegiatan tersebut,” ujarnya. 

Menarik untuk Anda:

Sementara itu, Pengurus MTT, Kaharuddin Hatta, berharap dengan adanya program tersebut bisa memberikan manfaat kepada mustahik maupun warga yang ada di sekitar Dusun Matekko. 

“Semoga program ini bisa terus berlanjut dan menjadi sumber penghasilan baru bagi warga Matekko. Dan di sana bisa dikenal sebagai daerah penghasil ikan air tawar,” harap Kaharuddin. 

Tokoh Masyarakat di Dusun Matekko, Abdul Ghani, merasa bersyukur dengan adanya program IZI bekerjasama dengan MTT tersebut. Menurutnya, masyarakat punya semangat baru untuk tidak sekadar berkebun dan bertani padi, namun diajarkan teknik baru yakni mina padi. 

“Semoga dusun ini bisa lebih berkembang melalui program budidaya ikan ini. Alhamdulillah juga, hari ini masyarakat khususnya penerima manfaat sangat senang karena bisa merasakan kelezatan makan ikan hasil budidaya sendiri,” ungkapnya. 

MTT dan IZI Sulawesi Selatan memiliki rencana untuk kembali akan melakukan panen raya kedua pada pekan depan. Adapun ikan air tawar yang akan dipanen ialah 2000 ikan nila dan 200 ekor ikan mas.

Citizen Reporter: Indrawati

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Mahasiswa HMJ HES gelar Dialog Interaktif: Problematika Hukum Ekonomi Syariah

Penguatan Jati Diri Bangsa melalui kegiatan PKM BMPH

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar