Oktober, HMJ Fisika Uinam Siap Gelar Physics Fair 2019

HMJ Fisika Uinam
Okotber, HMJ Fisika Uinam Siap Gelar Physics Fair 2019

Terkini.id, Makassar – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fisika UIN Alauddin Makassar (Uinam) kembali akan menggelar kegiatan Physics Fair (PF) 2019.

Kali ini PF mengusung tema “Mewujudkan fisikawan muda yang berjiwa inovatif, kreatif, dan kompetitif guna terciptanya generasi emas bangsa”.

Physics Fair merupakan lomba yang diperuntukkan bagi siswa se Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) dan rutin dilaksanakan tiap tahunnya.

Kegiatan ini diharapkan mampu menjaring intelektual-intelektual muda Indonesia, khususnya wilayah Sulselbar yang mempunyai kompetensi terbaik pada bidang fisika, seni, dan tentunya keislaman.

Ketua Panitia Kegiatan Tri Hendriansyah mengatakan, kegiatan ini ditargetkan berlangsung pada Oktober 2019 mendatang, di Fakultas Sains dan Teknologi (FST) serta auditorium kampus II UIN Alauddin Makassar.

“Kegiatan ini akan mempertandingkan beberapa jenis item lomba diantaranya ada di bidang keilmuan, bidang keislaman, serta bidang seni,” kata Tri kepada pewarta, Senin, 16 September 2019.

“Di bidang keilmuwan, ada beberapa lomba yang akan kami perlombakan yaitu lomba karya tulis ilmiah, olimpiade sains, cerdas cermat, mading 3D, serta debat terkhusus untuk mahasiswa UIN Alauddin Makassar dan mahasiswa se Gowa-Makassar pada umumnya,” lanjutnya.

Sementara pada bidang keislaman, kata Tri, akan diadakan lomba Mushabaqah Syahril Qur’an. Serta di bidang seni ada lomba cipta dan musikalisasi puisi.

“Perbedan Physics Fair 2019 dari tahun sebelumnya yaitu pada lomba debat dan pameran, dimana pameran itu sendiri akan menampilkan hasil karya dari mahasiswa fisika,” ujarnya.

“Inovasi-inovasi yang kami tuangkan dalam perlombaan yang telah kami rancang ini semoga bisa membangun generasi muda yang mempunyai jiwa kritis dan penalaran serta mampu menganalisis fenomena yang ada di lingkungan sekitar,” harapnya.

Selain itu, pihak panitia pelaksana juga akan mengadakan talkshow berupa pameran hasil kerja mahasiswa Fisika.

“Kami harap dengan adanya kegiatan ini jati diri kalian dapat ditumbuhkembangkan dan mampu menambah wawasan mengenai bidang fisika,” ucap Tri.

Adapun pemenang dalam kegiatan ini nantinya akan mendapatkan piagam, medali, piala, dan uang pembinaan.

“Semoga dengan adanya lomba ini teman-teman peserta lomba bisa lebih sadar, berani dalam mencoba segala bentuk perlombaan, sehingga jiwa intelektual teman-teman dapat menjawab tantangan teknologi ini, serta menanamkan jiwa sportifitas antara sesama peserta dalam berkompetitif,” tambah Tri.

“Kami juga berharap PF selanjutnya dapat menyelenggarakan perlombaan bukan hanya di wilayah Sulselbar saja, melainkan se Sulawesi,” pungkasnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Kampus

LKIM-PENA Unismuh Kembali Gelar PIKIR 2019

Terkini.id, Makassar - Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM-PENA) Universitas Muhammadiyah Makassar kembali menyelenggarakan Pekan Ilmiah dan Kreativitas Remaja