Peduli Penyandang Disabilitas Korban Banjir, Kepala BRSPDF Serahkan Alat Bantu

Peduli Penyandang Disabilitas Korban Banjir, Kepala BRSPDF Serahkan Alat Bantu

Terkini.id,Makassar Kepala Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BRSPDF) Wirajaya Makassar, Syaiful Samad memimpin langsung Tim Reaksi Cepat (TRC) dalam penanganan Rehabilitasi Sosial, khususnya bagi penyandang disabilitas dan masyarakat yang rentan disabilitas korban bencana banjir dan longsor di Kabupaten Gowa.

Saat kejadian bencana banjir dan longsor yang melanda beberapa Kabupaten di Sulawesi Selatan, Syaiful langsung berkoordinasi dengan pemerintah terkait, khususnya bagi dinas sosial kabupaten/Kota untuk memberikan data masyarakat, khususnya bagi disabilitas dan rentan disabilitas yang terkana dampak bencana.

Dari data dan informasi yang ada, tentu menjadi bahan bagi BRSPDF Wirajaya untuk menindaklanjutinya dalam bentuk pemberian alat bantu, baik berupa kursi roda, maupun tongkat.

“Hari ini, Jumat 1 Februari 2019 Syaiful, didampingi Koordinator Pekerja  Sosial BRSPDF Wirajaya, A. Arwijaya dan tim perawat BRSPDF Wirajaya, Sulham memberikan bantuan berupa kursi roda dan tongkat bagi disabilitas dan yang rentan disabilitas korban bencana di Kabupaten Gowa,”ujarnya.

Peduli Penyandang Disabilitas Korban Banjir, Kepala BRSPDF Serahkan Alat Bantu

Penyerahan bantuan itu diserahkan langsung di posko induk siaga bencana Kabupaten Gowa dan diterima langsung oleh Kadis Sosial Gowa Syamsuddin dan Asisten 1 Pemerintah Kabupaten Gowa Muh.Rusdi.

Nantinya bantuan alat ini akan disalurkan kepada penyandang disabilitas dan rentan disabilitas korban bencana. “atas informasi yang kami dapatkan, sehingga hari ini kami pimpin langsung TRC Wirajaya untuk menyerahkan bantuan, jadi ini bentuk respon dan juga kepedulian BRSPDF Wirajaya terhadap disabilitas yang menjadi korban bencana”, ungkap Syaiful

Sebelumnya, Senin 28 Januari 2019 lalu, Syaiful beserta TRC Wirajaya menemui salah satu korban bencana di RSUD Syech Yusuf Gowa bernama Sayani. Kunjungan ini untuk melihat perkembangan pasien yang menjadi korban bencana Karena Ia mengalami patah tulang.

“Kami datang untuk memastikan, apakah pasien ini termasuk korban yang rentan disabilitas, makanya saya langsung berkoordinasi dengan pihak manajemen RSUD”, kata Syaiful.

Syaiful juga menegaskan, jika TRC yang ada di BRSPDF Wirajaya sengaja di fokuskan dulu pada korban bencana, khususnya bagi disabilitas. Karena tidak menutup kemungkinan akan ada lagi informasi terkait korban bencana yang menimpa saudara-saudara kita penyandang disabilitas.

“Olehnya itu, kami berharap bantuan tim dari Posko bencana Kabupaten Gowa untuk memberikan informasi, sekiranya ada masyarakat penyandang disabilitas yang menjadi korban bencana banjir dan longsor yang terjadi beberapa hari lalu”, harap Syaiful.

Berita Terkait
Komentar
Terkini