Pemilu 2019, Bawaslu dan KPU Takalar Dilaporkan KPUR ke DKPP

Terkini.id, Takalar – Koalisi Penyelamat Suara Rakyat (KPUR) Takalar terus bertekad mengungkap dugaan kecurangan Pemilu 2019 di Takalar.

KPUR sendiri sudah memasukkan belasan paket berkas ke Bawaslu Sulsel, Kamis 9 Mei 2019 malam.

“Iya, benar. Kami sudah memasukkan belasan paket berkas dugaan kecurangan berupa mutasi suara dan manipulasi Daftar Pemilih Khusus ke kantor Bawaslu Sulsel tadi malam,” ungkap Juru bicara KPUR, Muh Ikbal Yustika Ruslan, Jumat 10 Mei 2019.

Terpisah, salah satu presidium KPUR, Mirwan menerangkan bahwa upayanya membongkar dugaan kecurangan Pemilu tidak hanya sampai di Bawaslu.

“Tak hanya ke Bawaslu Sulsel, KPUR juga sedang menyiapkan laporan untuk disampaikan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).”kata Mirwan yang juga Sekretaris Partai Berkarya Takalar.

Mirwan membocorkan adapun butir laporan yang disiapkan ke DKPP berupa pelanggaran kode etik penyelenggara.

“Ada pelanggaran kode etik berat yang dilakukan penyelenggara pemilu di Takalar, baik KPU maupun Bawaslu. Detailnya, kita tunggu saja. Pasti akan ketahuan.”urainya lagi.

Mirwan menambahkan bahwa ada berbagai elemen yang bergabung di KPUR. Ada belasan caleg yang merasa dirugikan melalui pergeseran suara di partai masing-masing.

“Setidaknya ada belasan caleg dan tiga partai yang mengawal laporan ini,”katanya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini