Makassar Terkini
Masuk

Pengembang Indonesia Diminta Dukung Program Satu Juta Rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Terkini.id, Palopo – Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Sulawesi Selatan Muhammad Firda melakukan pemukulan gong, membuka  Rapat Kerja Daerah (Rakerda) II DPD Pengembang Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan.

Rakerda di Kota Palopo mengangkat tema “Sinergitas Pengembang Indonesia Menuntaskan Program Sejuta Rumah dengan Program Satu Hektar Satu Kecamatan Kita Bisa!” dilaksanakan di Auditorium Saokotae Palopo, Kamis 12 Maret 2020.

Firda menyampaikan pelaksanaan Rakerda tersebut dalam rangka mensinkronkan berbagai kegiatan Anggota Pengembang Indonesia sekaligus membantu pemerintah daerah dalam pemenuhan kebutuhan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Ini juga wujud nyata dukungan asosiasi Pengembang Indonesia terhadap program sejuta rumah yang telah dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia. Dan ini akan berhasil kalau ada sinergitas para pemangku kepentingan di sektor perumahan dan adanya dukungan pemerintah,” jelas Firda.

Ketua Umum Pengembang Indonesia Barkah Hidayat berharap Rakerda II kali ini selain merupakan rangkaian pelaksanaan program, juga diharapkan dapat menjadi upaya untuk menuntaskan program sejuta dengan program satu hektar satu Kecamatan.

“Karena semua pengembangan tidak hanya dilakukan di kawasan kota saja tetapi juga dilakukan hingga ke daerah. Dengan itu dapat memaksimalkan pengusaha – pengusaha didaerah, sehingga Pengembang Indonesia bisa menjadi raja di daerahnya sendiri ,” tegas Barkah.

Ia memberikan contoh di daerah Seko yang saat ini sebagian aksesnya sudah di aspal, sehingga kedepannya Seko bisa tumbuh dan berkembang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi yang baru. Selain itu, kedepan targetnya terkait program satu hektar satu kecamatan telah didukung dengan  penerangan sehingga disetiap kecamatan akan difasilitasi lampu jalan.

Asisten III Administrasi Umum Setda Kota Palopo Ishaq Iskandar mewakili Wali Kota Palopo berharap Rakerda yang dilaksanakan dapat melibatkan komponen institusi terkait yang ada di kota Palopo.

” Sesuai harapan Wali Kota Palopo, pelibatan institusi terkait di Kota Palopo, sebagai bentuk kerjasama kemitraan dikarenakan begitu pentingnya peran Perhimpunan Pengembang Indonesia dalam memberikan kemudahan kepada masyarakat memperoleh perumahan yang layak khsusunya di Kota Palopo,” Harapnya.

Ishaq berharap Perhimpunan Pengembang Indonesia harus terus melakukan terobosan untuk membantu masyarakat kecil memiliki rumah. Dan dapat mencetuskan program program yang lebih terencana sehingga dalam pelaksanaannya dapat maksimal dan sesuai dengam harapan semua pihak.