Pengumuman Hasil SBMPTN 2020, Cek Namamu Lolos Atau Tidak di Situs LTMPT

Pengumuman SBMPTN 2020. (Foto: Detik)

Terkini.id, Jakarta – Pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 telah diumumkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada Jumat, 14 Agustus 2020, hari ini.

Ketua Pelaksana LTMPT Budi Prasetyo mengungkapkan, peserta dapat mengecek hasil SBMPTN 2020 di situs LTMPT dan 12 mirror link yang tersedia.

“Peserta melihat pengumuman bisa di laman pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id, dan juga di mirror 12 PTN,” kata Budi, Jumat 14 Agustus 2020 seperti dikutip dari kompascom.

Untuk mengecek lolos tidaknya peserta, kata Budi, yang bersangkutan harus meng-input tanggal lahir dan memasukkan nomor peserta SBMPTN.

Adapun peserta yang lolos akan menemukan ucapan selamat pada halaman yang dibukanya setelah memasukkan nomor peserta

Menarik untuk Anda:

“Kalau peserta sudah mengecek ke laman SBMPTN, dengan memasukkan tanggal lahir pada kolom, dan melihat hasilnya, jika ada ucapan ‘Selamat’, itu artinya dia sudah lolos SBMPTN,” ujar Budi.

Selanjutnya, jika peserta telah dinyatakan lolos SBMPTN 2020, peserta harus mempersiapkan diri untuk melakukan langkah berikutnya.

“Ketika sudah lolos, yang bersangkutan diminta untuk membuka di web masing-masing PTN tujuan. Misalnya, mendaftar di Kedokteran UGM, diterima, ada ucapan selamat, maka ia diminta untuk membuka web UGM yang terkait dengan registrasi pendaftaran mahasiswa baru,” jelasnya.

Setelah itu, peserta harus melengkapi persyaratan apa saja yang harus dipenuhi untuk menjadi mahasiswa di kampus tersebut.

“Ikuti prosedur proses dan pendaftaran ulang di masing-masing prodinya,” ujar Budi.

Jika sudah melaksanakan serangkaian prosedur registrasi, dan sudah diverifikasi oleh pihak universitas, maka status peserta resmi menjadi mahasiswa baru.

Budi juga mengungkapkan bahwa peserta SBMPTN juga akan mendapatkan sertifikat hasil UTBK yang dapat diunduh pada 15 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB melalui laman resmi LTMPT.

“Sertifikat ini memuat informasi mengenai skor atau nilai UTBK yang diperoleh peserta,” ujarnya.

Adapun sertifikat UTBK tersebut dapat digunakan peserta yang tidak lolos untuk mengikuti jalur penerimaan mahasiswa baru lainnya yang disediakan PTN.

“Sementara, bagi yang belum diterima masih banyak kesempatan silakan manfaatkan nilai UTBK untuk mendaftar bagi PT yang mensyaratkan. Kesempatan mendaftar di jalur mandiri dan PTS masih terbuka,” ujar Budi.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Disangka Wanita Nakal karena Sering Pulang Larut Malam, Gadis Ini Ternyata Bantu Ibunya Jualan

Tiga Remaja Terciduk Warga Hendak Threesome di Kandang Ayam

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar