Peringati Hari Bhakti Rimbawan, P3E SUMA KLHK dan Pemkab Enrekang Lakukan Aksi Peduli Lingkungan

terkini.id-Enrekang, Dalam rangka peringatan Hari Bhakti Rimbawan yang jatuh pada 16 Maret ini, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku menggelarnya dengan Aksi Peduli Lingkungan serta pembagian bibit pohon dari BPDASHL Jeneberang Saddang  kepada masyarakat di Kabupaten Enrekang.

 

Kegiatan yang berlangsung pada (04/03/21) yang bertempat di Kebun Raya Manserempulu, Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Penyidik KLHK Tahan Dua Orang Tersangka Kasus Kayu Ilegal di...

 

Perhelatan ini juga tetap menerapkan standar Protokol Kesehatan.

Baca Juga: Gelar Vaksinasi Covid-19, Satker LHK SulSel KLHK Komitmen Sukseskan Vaksinasi...

 

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Enrekang DRS. H.Muslimin Bando, M.Pd ,Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan H. Syaharuddin Alrif, S. IP. MM
, Wakil Bupati Enrekang Asman, S.E , Serta hadir Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku (P3E SUMA) KLHK Dr.Ir.Darhamsyah,M.Si ,  serta Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Saddang dan Jeneberang ( BPDASHL) KLHK  M.Tahir, Pallawa.SP., M.Si , Kepala  Dinas LH Kab Enrekang , Ir. H.Mursalim Bagenda,MP serta para Kepala Desa  Karrang , Maewa, Cendana, Batumilla serta perwakilan warga masyarakat di Desa tersebut yang masuk dalam wilayah Kecamatan Maewa dan Cendana.

 

Baca Juga: Hari Hutan Internasional 2021, Restorasi Hutan Pulihkan Kesehatan, Ekonomi dan...

Dalam pengantar sambutan oleh Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku, Dr Darhamsyah mengungkapkan aksi ini merupakan harapan  bersama  Pemkab Enrekang melalui Bupati Enrekang beberapa saat yang lalu pada kunjungan sebelumnya.

 

“Aksi ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya,”ungkapnya.

“Dalam menyambut hari Bhakti Rimbawan ini P3E SUMA bersama BPDASHL Jeneberang Saddang KLHK melakukan kegiatan aksi peduli lingkungan di Kebun Raya  Manserempulu ini,” jelas Kapus P3E SUMA.

Ditempat yang sama  dalam sambutannya, Bupati Enrekang mengapresiasi langkah langkah Aksi Peduli Lingkungan dari Kementerian LHK.

 

“Terimakasih kepada Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion SUMA KLHK serta BPDASHl  Jeneberang Saddang KLHK yang telah mensupport bibit bibit  tanaman produktif,”imbuh Bupati Enrekang.

 

“Orang orang yang cerdas adalah orang yang membaca tanda tanda alam, setiap orang yang menanam rupiah di alam dapat kita ambil manfaatnya pada kehidupan,”tambah Bupati Muslimin Bando.

 

Perhelatan di Kebun Raya Manserempulu ini sekaligus juga kita peringati ulang tahun berdirinya Kebun Raya Manserempulu yang jatuh setiap tanggal 04 Maret 

“Kedepannya, Kebun Raya Manserempulu ini  diupayakan terus agar semakin bermanfaat buat  masyarakat dengan menambahkan beberapa fasilitas Bungalow dari bahan bambu beratap ijuk atau alang alang , serta tempat Aula dan akan hadir pula sarana wisata  perahu bebek di Kebun Raya  ini,”jelasnya.

 

“Sehingga mendatangkan manfaat untuk kita semua,”harap Bupati  Enrekang diakhiri dengan tepukan dari peserta aksi peduli lingkungan dalam rangka Hari Bhakti Rimbawan 2021.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan pada  sambutannya mengungkapkan, Ucapan Terimakasih kepada Bupati Enrekang, Wakil Bupati Enrekang,  P3E SUMA KLHK, BPDASHL Jeneberang Saddang KLHK, Kadis LH Kabupaten Enrekang, pihak Kecamatan Maewa dan Cendana  serta Kepala Desa Karrang, Desa Maewa, Desa  Cendana,  Desa Batumilla dan pihak-pihak terkait lainnya.

“Menitip harapan kepada kelompok tani hutan dalam aksi peduli Lingkungan dan Hutan ini ,”ujar H.Syaharuddin Alrif, M.M

“Kami juga mengapresiasi langkah langkah KLHK pada peringatan Hari Bhakti rimbawan,”jelas Wakil Ketua I DPRD SulSel ini.

Kedepannya, kita juga akan memberikan edukasi  tentang salah satu budidaya unggulan yakni, tanaman Porang.  dimana hal ini dapat membantu nilai perekonomian Petani saat ini,”kuncinya.

Ditempat yang sama dilanjutkan dengan paparan oleh Kepala BPDAS HL Jeneberang Saddang KLHK,  M.Tahir Pallawa, M.Si.

Dalam paparannya, Kepala BPDASHL menjelaskan, Tahun ini telah melaksanakan kegiatan RHL sekitar 750 ha dengan model padat karya, untuk Kabupaten Enrekang ini seperti di cemba dll.

 

‘Kegiatan RHL di provinsi Sulawesi Selatan , model Pemulihan Ekonomi Nasional atau (PEN) dengan Model bibit produktif akan direncanakan musim tanam ke II sekitar 10.000 bibit,”jelas Tahir

 

Kami memiliki sarana pembibitan  di Daerah Kab.Maros, Kab.Toraja, Kab.Bone dan Kab.Gowa dengan kapasitas pembibitan produksi sebanyak 2 juta bibit.

 

Dengan slogan  BPDASHL Jeneberang Saddang  yakni Mari kita selingkuh dengan ABG Mari kita SElamatkan LINGKungan Hidup dengan Ambil Bibit Gratis.

Kegiatan Aksi Peduli Lingkungan Hidup dan Kehutanan  dalam rangka peringatan Hari Bhakti Rimbawan 2021 ini dilanjutkan dengan aksi pembagian bibit pohon kepada masyarakat serta penanaman pohon di pelataran lapangan Kebun Raya Manserempulu.

Sponsored by adnow
Bagikan