Pertanyaan dan Jawaban yang Bermutu dari Debat Capres-Cawapres

WALAUPUN tidak sepenuhnya memuaskan, ada juga pertanyaan dan jawaban yang menarik dalam debat perdana capres-cawapres 2019 yang terjadi pada 17 Januari 2019 yang lalu.

Salah satu pertanyaan yang bermutu datangnya dari paslon 02, yaitu: mengapa ada perbedaan pendapat antara para menteri tentang ketersediaan pangan dan impornya.

Menteri Pertanian mengatakan stok nya cukup. Menteri Perdagangan mengimpor. Keadaan menjadi tegang karena pertanyaanya yang menggigit.

Pertanyaan yang bermutu itu melahirkan jawaban yang juga bermutu, walaupun mungkin ada yang tidak menyadarinya.

Paslon 01 mengatakan bahwa perbedaan pendapat dalam kabinet adalah hal yang dihargai.

Itu adalah sebuah dinamika yang menyebabkan pembuat keputusan dapat melihat masalah dari berbagai sudut.

Para ahli manajemen sangat mendukung pola pikir semacam ini. Pebisnis kawakan Alfred Sloan Jr. (1875-1966), misalnya, tidak mau membuat keputusan jika semua peserta rapat sudah 100 persen sepakat.

Ia minta rapat ditunda, dan keputusan baru akan diambil ketika sudah ada perbedaan pendapat.
Dan, ketika keputusan sudah diambil, baik yang sepakat maupun yang tidak sepakat, harus taat melaksanakannya. Inilah sebuah jawaban yang bermutu dari paslon 01.

Renungan: Sepakat untuk tidak sepakat dalam pengambilan keputusan adalah sebuah indikasi mutu pembuat keputusan di dalam lingkungan yang terus-menerus berubah secara cepat dan intensif.

Berita Terkait
Direkomendasikan
Komentar
Terkini