Makassar Terkini
Masuk

Polemik Taliban-ISIS Memanas di Afganistan, Apakah Berpengaruh ke ISIS dan Afiliasinya di Indonesia?

Terkini.id, Jakarta – Polemik Taliban tampaknya semakin memanas di Afganistan, terlebih sejumlah pihak yang tak terima negaranya direbut memilih untuk melawan.

Nah, belakangan, beredar kabar bahwasanya ISIS mulai beraksi lantaran disebut dendam usai pentolannya dieksekusi mati Taliban.

Lantas, dengan memanasnya polemik tersebut di Afganistan, akankah berpengaruh terhadap ISIS dan afiliasinya di Indonesia?

Dilansir terkini.id dari Kompas pada Rabu, 25 Agustus 2021, kebangkitan Taliban diprediksi tidak memiliki pengaruh langsung terhadap potensi meningkatnya gerakan dari kelompok ISIS dan afiliasinya di Indonesia.

Adapun hal tersebut disampaikan oleh seorang pengamat terorisme dari Yayasan Prasasti Perdamaian (YPP), Taufik Andrie.

Ia mengatakan bahwa polemik menjadi kian memanas lantaran disebabkan terjadinya kompetisi kekuasaan antara ISIS dan Taliban.

Contohnya, ujar Taufik, Gerakan ISIS di Asia Selatan ternyata tidak diterima oleh kelompok Taliban.

“Kelompok ISIS itu karena naluri kekuasaan dan ekspansi mereka dalam wilayah itu sama besarnya dengan Taliban, jadi mereka malah kompetisi,” ungkapnya.

“Mereka secara kutub ideologis berseberangan.”

Oleh karena itu, Taufik melihat, hingga kini belum ada potensi ancaman teror di Indonesia akibat kebangkitan Taliban, terutama berasal dari JI.