Masuk

Politisi NasDem Sebut Pilpres 2024 Diikuti Kepentingan Negara Besar

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Pembicaraan mengenai Pilpres 2024 saat ini sedang ramai diperbincangkan publik, terlebih siapa sosok yang akan maju menjadi calon pemimpin Indonesia kedepannya.

Membahas mengenai Pilpres 2024, Politisi NasDem, Zulfan Lindan mengatakan pada pesta demokrasi itu akan diiukuti oleh kepentingan dari negara-negara besar seperti Rusia, China, dan Amerika.

Dia menilai ada figur yang akan memberikan keuntungan kepada Rusia, China, dan Amerika. Hal ini berkaitan dengan posisi Indonesia dalam kepentingan global sangat strategis.

Baca Juga: Heboh, Pernyataan Jokowi Seputar Pemimpin Rambut Putih, Denny Siregar: Bukan Ganjar, Bapak Rambutnya Hitam

Zulfan Lindan menilai jika posisi strategis Indonesia dalam kepentingan global akan sangat menguntungkan negara-negara besar jika figur pemimpin Indonesia yang dijagokan menang dalam pertarungan politik.

“Saya sendiri punya pandangan lain. Kita ini kan praktisi jadi tidak banyak menganalisis ya Namanya praktisi. Saya melihat dalam kepentingan posisi Indonesia dalam kepentingan global inikan sangat strategis, baik di Pasifik maupun di laut China Selatan, artinya kepentingan untuk Indonesia sangat besar. Dimana posisi kita?”, kata Zulfan Lindan seperti dikutip dari laman Detik.com, Selasa 27 September 2022.

Dalam pandangannya, Capres yang akan menguntungkan Amerika Serikat adalah Anies Baswedan dan Panglima TNI, Andika Perkasa.

Baca Juga: Jokowi Menyebut Orang yang Berambut Putih Adalah Pemimpin Rakyat

Zulfan melihat ada kedekatan antara Andika Perkasa dan Amerika Serikat yang bisa dilihat dengan seringnya mengadakan latihan militer bersama. Jika Anies dan Andika berpasangan di Pilpres, maka akan menguntungkan negara Amerika.

Dia juga mengatakan jika Andika Perkasa beberapa kali melakukan latihan bersama Angkatan Darat (AD) dan mariner besar-besaran di bagian Sulawesi Utara dan menurutnya tidak ada yang melatar belakangi latihan tersebut.

Selain melakukan latihan besar-besaran di Sulawesi Utara, Zulfan juga menyampaikan jika Andika Perkasa pernah melakukan latihan serupa di Sulawesi Selatan yang dalam pandangannya pasti ada sesuatu dibaliknya dan bukan hanya sekedar latihan biasa.

“Oleh karena itu, saya lihat kalau seandainya calon presidennya adalah Anies dan Andika, apakah langsung atau tidak langsung ini sangat menguntungkan amerika”, kata Zulfan.

Baca Juga: Yusril Sebut Prabowo Berpotensi Menangkan Pilpres 2024 Jika Didampingi Jokowi Sebagai Cawapres

“Kita lihat bahwa sudah beberapa kali, dua kali, Andika sebagai KSAD mapun Panglima TNI melakikan latihan bersama dengan AD dan mariner besar-besaran di Sulawesi utara padahal nggak ada angin nggak ada hujan. Begitu juga di Sulawesi Selatan jadu kita lihat itu pasti ada apa, masa sekedar latihan-latihan saja”, ujarya.

Selain itu, Zulfan melihat ada sosok yang juga akan memberikan keuntungan kepada negara besar lainnya, yakni Rusia dan China.

Menurutnya, Ketua Umum Gerindra yang juga Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto punya kepentingan global yang menurutnya Prabowo punya kedekatan dengan Rusia dan China.

“Kemudian kita lihat kalau misalnya Prabowo. Prabowo ini Amerika juga tapi main-main juga ke Rusia, main-main juga ke China kan gitu. Prancis sudah blok Amerika tuh. Kita bicara tiga nih, Rusia, China dan Amerika”, katanya.

“Kalau berbicara kepentingan Amerika pasti mendukung Anies sama Andika. China ini pasti cari Alternatif lain untuk mengamankan kepentingan di Indonesia. pasti dia mencari yang sama sekali tidak berhubungan jadi dia akan ambil. Bukan yang pro Amerika, dia ambil yang Pro China, Rusia juga begitu”, kata Zulfan.