Sekda Palopo Hadiri Penyerahan Sertifikat Tanah dari BPN untuk Masyarakat Sulsel

Terkini.id, Palopo – Sekretaris Daerah Kota Palopo Drs. Firmanza DP, SH, M.Si mewakili Walikota Palopo Drs. H. Muh. Judas Amir, M.H mengikuti Penyerahan Sertifikat tanah untuk rakyat Melalui tayangan Virtual.

Penyerahan tersebut menghadirkan Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN Sofyan Jalil. Kegiatan digelar di Ruang Pertemuan Ratona Kota Palopo, Rabu 5 Januari 2021.

Kepala Kanwil BPN Provinsi Sulawesi Selatan Bambang Priyono mengungkapkan, pada tahun 2021 telah di lakukan Penguatan Hak atas nama rakyat dalam bentuk sertifikat tanah,dalam program retribusi tanah sebanyak 36 Bidang ,sebagai terdiri dari SK Pelepasan Kawasan hutan.

Baca Juga: Halal Bihalal TP PKK Kota Palopo, Ini Harapan Utiasari Judas

“Terdapat pengadaan tanah Jalur kereta Api Makassar- Pare-Pare dan kabupaten barru,” ujar dia. 

Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengatakan bahwa  Masyarakat sangat antusias dengan kehadiran menteri. 

Baca Juga: Ajak Warga Palopo Taat Bayar Pajak, Judas Amir: Saya Siap...

Sudirman Sulaiman juga memberikan Apresiasi Kepada Kepala BPN atas Kemenangan Kasasi Kami. Dan beberapa bantuan yang ada beberapa tanah strategis Provinsi .ujar beliau

Dia juga memberikan selamat kepada penerima sertifikat dan mengucapkan selamat datang kepada menteri.

Selanjutnya Menteri Agraria dan Tata Ruang /BPN Sofyan Jalil saat memberikan sambutan pada acara Penyerahan Sertipikat Tanah Untuk Rakyat Sulawesi Selatan mengatakan bahwa sertifikat tanah merupakan surat berharga yang memiliki nilai. Menurutnya, sertifikat tanah dapat menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Ajak Warga Palopo Taat Bayar Pajak, Judas Amir: Saya Siap...

Sofyan Jalil kembali menjelaskan bahwa sertipikat tanah sangat penting sebagai dasar bukti kepemilikan tanah yang sah, serta memberi kepastian hak atas tanah yang berkekuatan hukum yang akan mengurangi potensi sengketa .ujar beliau

Beliau juga berpesan agar tanah digunakan untuk hal produktif yang harus dihitung baik-baik karena banyak sekali pengusaha yang maju bisnisnya mendapatkan pinjaman bank dengan mengagunkan sertifkat tanah.ujarnya.

Sofyan juga  menjelaskan, bahwa penyerahan sertifikat tanah merupakan upaya dalam mempercepat pendaftaran tanah di Indonesia melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Selain itu, Kementerian ATR/BPN juga sangat serius dalam memerangi mafia tanah untuk menciptakan kepastian hukum atas tanah.

Dan  juga menyebut bahwa mafia tanah ini nyata, terutama di Kota-kota besar. Mafia tanah merupakan orang-orang yang memiliki niat jahat terhadap tanah.

Beliau mengucapkan selamat atas kepemilikan hak sertipikat tanahnya. “Mohon dijaga baik baik karena ini merupakan surat berharga” . Bijaksana menggunakan sertipikat buat jaminan modal usaha , produktif bukan konsumtif.

” Terima kasih juga saya ucapkan kepada BPN Kanwil Provinsi masing masing yang telah membantu warga sehingga bisa mendapatkan kepemilikan sertipikat ,” jelas dia.

Turut hadir dalam Kegiatan ini Sekertaris Daerah Kota Palopo Drs. Firmanza DP, SH, M.Si,Kapten Inf Sukardi ( Danramil 06/ Wara) yang mewakili Komandan Kodim 1403 Sawerigading,Camat,lurah,Serta Tamu undangan lainnya.

Bagikan