SIPNAS lengkapi rangkaian sistem Smart Office Polbangtan Gowa

SIPNAS - Sistem Informasi Perjalanan Dinas Polbangtan Gowa

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa resmi menerapkan Sistem Informasi Perjalanan Dinas (SIPNAS) untuk peng-administrasian dokumen perjalanan dinas. SIPNAS ini melengkapi system yang akan dibangun dalam rangkaian Smart Office (13/05).

Seperti yang diketahui bahwa salah-satu visi yang diusung Dr. Ir. Syaifuddin, MP selaku Direktur Polbangtan Gowa yaitu mewujudkan dua system besar yakni Smart Campus yang didalamnya adalah otomasi dalam system belajar-mengajar/akademik dan Smart Office yang didalamnya dalam system perkantoran.

Dengan SIPNAS, pegawai yang melakukan perjalanan dinas diwajibkan untuk mengunggah dokumen perjalanan, mulai dari bukti transport, hotel/penginapan, boarding pass, tiket dll melalui aplikasi. Sehingga ketika pegawai menyelesaikan perjalanan dinas berkaspun sudah terekap disistem SIPNAS ini dan sudah disesuaikan dengan Standar Biaya Umum Pemerintah. SIPNAS pun dibuat dalam bentuk aplikasi Mobile Android yang dapat diunduh melalui Google PlayStore dan melalui web browser.

Dr. Syaifuddin mengatakan bahwa penerapan SIPNAS sudah tepat saat ini. Ini memudahkan staf kami juga dalam bekerja. Saat ini saya melihat pada proses laporan rekapitulasi perjalanan dinas masih dilakukan secara manual dimana setiap pembuatan surat tugas dan kuitansi pembayaran perjalanan dinas masih menggunakan Microsoft Excel, sehingga pelaporan dan pembuatan surat tugas tidak bisa dikerjakan secara cepat.

Dengan adanya sistem yang terkomputerisasi dapat mempermudah dan mempercepat proses pembuatan surat tugas dan dapat mengurangi tingkat kesalahan dalam mengetik sebuah nominal.

Apalagi diera yang dikatakan era revolusi industry 4.0 ini, harus banyak pembaruan yang diterapkan, ini merupakan keharusan agar kita tidak ketinggalan. Disrupsi merupakan fenomena, system lama segera akan berganti dengan yang baru. Mau tidak mau kita harus ikut menerima, jelas Dr. Syaifuddin.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Kampus

252 CPNS UIN Alauddin Resmi Terima SK

Terkini.id, Makassar - Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof Musafir Pababbari serahkan Surat Keputusan (SK) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kepada 252 dosen  yang  lolos
Kampus

Mahasiswa Unhas Peduli Budaya dengan Cara Ini

Terkini.id,Makassar - Indonesia merupakan negara yang kaya akan tradisi, budaya dan adat istiadat. Keberagaman tersebut merupakan aset yang dimiliki sebagai warisan budaya dan tidak