Makassar Terkini
Masuk

Soal Hambalang, Andi Mallarangeng: Saya Tidak Menerima Uang

Terkini.id, Jakarta – Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Mallarangeng mengungkapkan kisah di balik proyek wisma atlet Hambalang yang mangkrak di era SBY.

Kasus Hambalang diketahui juga menyeret Andi Mallarangeng sebagai tersangka dan ia dihukum 4 tahun penjara.

Andi mengklaim bahwa dirinya telah menjalani hukuman tersebut dengan baik.

Selain itu, Andi mengatakan bahkan sebelum ia dinyatakan sebagai tersangka, dirinya langsung memundurkan diri dari jabatannya sewaktu itu yakni Menteri Pemuda dan Olahraga.

Tak hanya itu, di Partai Demokrat, Andi menjabat sebagai Sekretaris Dewan Pembina.

“Saya sendiri ketika dinyatakan dicekal, saat itu bahkan belum dinyatakan sebagai tersangka karena persoalan Hambalang, langsung mengundurkan diri sebagai Menpora dan juga dari jabatan saya di Partai Demokrat sebagai Sekretaris Dewan Pembina, tapi tetap sebagai anggota Partai Demokrat,” ujar Andi Mallarangeng, dikutip dari Detik, Jumat 26 Maret 2021.

Andi mengatakan bahwa dirinya menurut pengadilan tak menjadi pemimpin yang baik sehingga tak mengawasi proyek tersebut.

“Oleh pengadilan, saya dinyatakan harus bertanggung jawab sebagai pemimpin tertinggi di Kemenpora, dianggap tidak melakukan pengawasan dengan baik,” imbuh Andi.

Bahkan Andi menyebut dirinya tak mengembalikan uang sepeser pun karena dia mengklaim dirinya tak menerima uang.

Menurut Andi, ia juga tak menyuruh siapapun untuk menerima uang bahkan tidak dilapori akan adanya penerimaan uang dari siapapun.

Oleh karena itu ia menjalani hukuman tersebut dengan baik.

“Saya dihukum 4 tahun penjara tetapi saya tidak diminta mengembalikan satu rupiah pun kepada negara, karena saya tidak menerima uang, tidak menyuruh menerima uang, dan tidak dilapori akan adanya penerimaan uang dari siapapun. Hukuman itu telah saya jalani dengan baik,” lanjutnya.

Tak hanya itu, Andi juga mengatakan bahwa Edhi Baskoro Yudhoyono alias Ibas tak terlibat kasus Hambalang.

“Lalu mereka justru menyerang membabi-buta kepada SBY, AHY atau Ibas. Kalau soal Hambalang, itu tidak ada urusan sama sekali dengan Ibas,” pungkas Andi.