Masuk

Tidak Selesai di Era Anies Baswedan, Jokowi Puji Heru Budi Bereskan Sodetan Ciliwung

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Presiden Jokowi menunjukkan rasa bangganya terhadap Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono karena telah menyelesaikan proyek sodetan Ciliwung menuju kanal banjir timur.

Awalnya Presiden Jokowi mengaku terkejut ketika mendengar bahwa proyek sodetan Ciliwung ini telah selesai setelah sempat tidak terurus selama pemerintahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Saya juga kaget, dikerjakan oleh Pak Gubernur Heru. Saya enggak tahu pendekatannya apa, tapi selesai. Makanya saya ke sini tadi karena udah selesai,” ujar Jokowi, Rabu 25 Januari 2023.

Baca Juga: Soal Sodetan Ciliwung, Rocky Gerung Bela Anies Baswedan Salahkan Jokowi

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menjelaskan kalau proyek sodetan Ciliwung ini telah diberhentikan karena permasalahan pembebasan lahan.

Dengan selesainya sodetan Ciliwung ini, genangan banjir yang terjadi di ibu kota niscaya bisa teratasi.

“Ini akan mengurangi banyak sekali lahan genangan, lahan banjir yang ada di Jakarta, karena ini dari Sungai Ciliwung, kalau sudah dibuka siaga 4 itu akan mengurangi 33 meter kubik per detik. gede banget. Kemudian kalau pada siaga 1, 63 meter kubik per detik,” katanya.

Baca Juga: NasDem Tetap Dukung Jokowi, Pengamat Politik Anggap Surya Paloh Tidak Yakin Dengan Anies Baswedan

Diketahui bahwa proyek sodetan Ciliwung sulit untuk dikerjakan karena masalah pembebasan lahan yang terjadi pada tahun 2015, yaitu ketika Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Kemudian pada masa Anies Baswedan menjadi Gubernur DKI Jakarta, kasasi yang diajukan oleh pemerintahan Ahok dicabut.

Pada saat itu, Anies Baswedan mengklaim bahwa pencabutan kasasi itu atas perintah dari Presiden Jokowi.

Adapun proyek pembangunan sodetan Ciliwung ini adalah tanggung jawab dari Kementerian PUPR.