Makassar Terkini
Masuk

Ukraina Bantah Zelensky Titip Pesan Melalui Jokowi, Natalius Pigai: Baru Kali Ini Presiden Dibantah, Gagal Total, Bikin Malu

Terkini.id, Jakarta – Ukraina bantah Zelensky berikan pesan untuk Putin melalui Jokowi. Natalius Pigai sebut Jokowi tidak paham pesan dalam perang mesti tertulis.

Berita yang mengabarkan Presiden Ukraina, Zelensky berikan pesan tak tertulis untuk Putin melalui Jokowi, viral di media sosial.

Hal tersebut memicu tudingan atas Jokowi terkait pesan tersebut.

Pasalnya, Jokowi katakan jika ia menawarkan kepada Zelensky ketika berkunjung ke Ukraina untuk membawa pesan dari Zelensky untuk Putin.

“Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera,” ungkap Jokowi dan dikutip dari Kompas.com pada Minggu 3 Juli 2022.

Namun berbalik dengan fakta yang beredar, pihak Ukraina justru bantah adanya pesan tersebut. 

Bantahan tersebut disampaikan oleh Ukraina melalui Sekretaris Pers Kepresidenan Ukraina, Serhi Nikiforov.

Ia mengatakan bahwa Zelensky ingin menyampaikan pesan untuk Putin, maka akan dilakukan secara langsung didepan publik lewat sebuah pidato harian.

Selanjutnya, Nikiforov menambahkan bahwa topikk utama yang dibahas dalam pertemuan kedua pimpinan negara tersebut adalah masalah blokade pelabuhan Ukraina.

“Indonesia adalah salah satu pengimpor biji-bijian tersebar dari Ukraina, dan blokade pelabuhan-pelabuhan Ukraina adalah fokus utama pembicaraan antara kedua presiden (Indonesia-Ukraina) di Kyiv,” ungkap Serhi Nikiforov.

Di sisi lain, juru bicara Istana Kremlin, Dmitry Peskov berikan keterangan tidak terdapat pesan tertulis yang disampaikan Jokowi dari Zelensky.

“Itu bukan pesan tertulis. Hanya itu yang bisa saya katakan kepada Anda,” ucap Dmitry.

Selanjutnya, berita tersebut mengundang berbagai kontroversi.

Aktivis HAM, Natalius Pigai berikan komentar atas pesan tak tertulis tersebut.

Dikuti dari akun twitter @NataliusPigai2 pada Minggu 3 Juli 2022, mencuit sindiran untuk Jokowi dari dirinya terkait bantahan Ukraina terhadap pesan tak terulis yang dibawa oleh Jokowi untuk Presiden Rusia, Putin.

“1. @Jokowi tdk paham pesan dlm perang mesti tertulis. 2. Tdk bisa jaga martabat Zalensky .3. Serangan saat di Rusia tanda tdk dihargai. 4.Ada unsur bohong dunia. 4. Baru pertama kali dlm sejarah seorg Presiden dibantah. 5. Jokowi Gagal Total. 6. Bikin Malu,” tulis Natalius.

Twitter/@NataliusPigai2