Viral Potret Mahasiswi Makassar Bentangkan Poster ‘Turunkan DPR, Naikkan Panaikku’

Mahasiswi Makassar
Potret Mahasiswi Makassar bentangkan poster 'Turunkan DPR, Naikkan Panaikku' viral di Media Sosial

Terkini.id, Makassar – Ribuan mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia serempak menggelar aksi unjuk rasa pada Selasa, 24 September 2019.

Dalam tuntutannya, mahasiswa menolak hasil revisi UU KPK dan pengesahan 4 Rancangan Undang-Undang (RUU) lainnya yakni UU KUHP, UU Lembaga Permasyarakatan, RUU Pertanahan, dan RUU Minerba.

Di Kota Makassar, unjuk rasa mahasiswa dipusatkan di depan Kantor DPRD Sulsel. Unjuk rasa tersebut melibatkan elemen mahasiswa dari berbagai kampus di Makassar.

Aksi mahasiswa di Makassar ini sontak menjadi perhatian publik Tanah Air, tak terkecuali jagat dunia maya.

Beberapa foto dan video terkait jalannya aksi unjuk rasa tersebut berseliweran di media sosial. Namun, ada beberapa foto yang mendadak viral dan berhasil membuat warganet terpingkal-pingkal.

Menarik untuk Anda:

Pasalnya, salah satu foto itu memperlihatkan seorang mahasiswi yang mengenakan jas almamater merah membentangkan poster yang isinya meminta DPR untuk turun, disertai dengan guyonan tentang uang panaik.

“Turunkan DPR, Naikkan Panaikku. #Tolak RUUKPK,” demikian isi poster sang mahasiswi dalam foto tersebut.

Sekedar diketahui, ‘Uang Panaik’ merupakan budaya dalam adat penikahan di Sulawesi Selatan. Budaya ini diberlakukan kepada mempelai pria saat ingin mempersunting gadis asal Bugis Makassar.

Uang panaik menjadi syarat adat untuk biaya pesta pernikahan untuk pengantin wanita. Besarannya tergantung kesepakatan kedua mempelai.

Jumlahnya bisa jutaan, belasan juta, puluhan juta, hingga ratusan juta rupiah. Bahkan ada beberapa pernikahan di Sulawesi Selatan yang uang panaiknya mencapai miliaran rupiah.

Hingga berita ini diturunkan, Selasa, 24 September 2019, foto viral mahasiswi tersebut masih kerap dibagikan warganet di media sosial dan grup WhatsApp.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Terpilih Sebagai Komisioner KIP, Andhika Mappasomba: Ini Amanah Masyarakat

Rupanya Susi Sudah Berkali-kali Ingatkan Menteri Edhy Prabowo

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar