Masuk

Waduh Label Gereja Pemberi Bantuan Kok Dicabut, Ridwan Kamil: Sangat Disesalkan

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Bencana gempa yang melanda di Kab. Cianjur, Jawa Barat pada Senin 21 November 2022 hingga kini tercatat menelan korban jiwa hingga 318 orang, ribuan orang mengalami luka-luka dan 73.693 penyintas gempa Cianjur yang masih mengungsi. Bantuan telah diberikan dari berbagai pihak, salah satunya dari pihak Gereja.

Namun sayangnya ada oknum organisasi masyarakat (ormas) yang mencabut label Gereja pemberi bantuan itu, Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat sangat menyesali tindakan tersebut. 
Ridwan Kamil dalam unggahan di instagram pribadinya mengatakan tindakan tersebut sangat disesalkan dan tidak boleh terulang lagi.

Dirinya menyampaikan 6 poin terkait tindakan itu, yang mengatakan bahwa bencana itu datangnya tidak pilih-pilih, bantuan bisa saja datang dari semua pihak. Permasalahan gempa ini mestinya membuka mata kita terkait rasa kemanusiaan kita yang mengharuskan kita untuk saling membantu sesama. 
Berikut 6 poin yang disampaikan Ridwan Kamil dalam instagram pribadinya @ridwankamil, dilihat Terkini.id Minggu 27 November 2022.

  1. Bencana ini datang tidak pilih-pilih dan pastinya mendampaki semua orang, semua pihak dan semua golongan di Cianjur tercinta ini.
  2. Yang membantu bencana pun datang tidak pilih-pilih, datang dari semua pihak, dari semua golongan, kelompok, apapun keyakinan atau agamanya.
  3. Berdirinya Bendera, spanduk, baliho, stiker dari para pemberi bantuan adalah hal yang wajar, karena mungkin itu bagian dari pelaporan pertanggungjawaban kepada para donatur yang menitipkan bantuan kepada mereka.
  4. Karenanya Sila ke-2 Pancasila, Kemanusiaan Yang adil dan Beradab harus dijunjung dengan baik dan dipraktekkan dengan bijak. Bantuan kemanusiaan tidak boleh ternodai sedikitpun oleh unsur kebencian golongan.
  5. Saya sudah meminta kepolisian khususnya Kapolda Jawa Barat untuk menindaklanjuti hal ini agar tidak terulang lagi di kemudian hari. Hatur Nuhun.
  6. Walaupun kita tidak bersaudara dalam keimanan, kita tetaplah bersaudara dalam kebangsaan dan kemanusiaan.
Baca Juga: Andi Kartini Ottong Sebut Pilihan Ridwan Kamil Berlabuh ke Golkar Sudah Tepat

Apa yang disampaikan Ridwan mengenai label gereja dicopot itu mendapat komentar dari beberapa tokoh agama lainnya. Seperti Ustad Hanan Attaki juga turut memberi komentar dengan mengatakan setuju dengan yang disampaikan Gubernur Jawa Barat itu.

“Setuju Pak Gub.. Sangat disayangkan sekali.. Semoga kita bisa lebih bijak dan open minded. . Hatur nuhuun Pak Gub🙏,” ujarnya melalui akun instagram pribadinya @hanan_attaki.

Nampak juga Syekh Muhammad Jaber yang turut berkomentar bahwa kita ini satu umat dan satu bangsa.

Baca Juga: Dapat KTA, Ridwan Kamil Resmi Bergabung di Partai Golkar

“Setujuuuuuu banget, satu umat dan satu bangsa🇲🇨🇲🇨🇲🇨bhineka tunggal ika @ridwankamil,” katanya dalam akun instagram pribadinya @syekh_muhammad_jaber.