Makassar Terkini
Masuk

Wajib Tahu, Begini Efek Genre Musik Terhadap Mood

Terkini.id, Makassar – Mendengarkan musik merupakan salah satu kebiasaan yang biasa dilakukan oleh hampir semua orang. Baik untuk bersantai di malam hari atau sebagai teman bekerja dan menyetir, mendengarkan musik biasa dilakukan pada waktu kapan pun.

Rasanya, hampir semua orang memiliki lagu kesukaan untuk menemani hidup mereka. Mendengarkan lagu favorit ini bisa menjadi cara untuk menyenangkan hati atau membawa kembali diri kita pada ingatan tertentu.. Faktanya, musik memang dapat mempengaruhi mood kita,hal ini telah dibuktikan pada berbagai penelitian.

Sebuah studi yang diterbitkan pada Journal of Positive Psychology menemukan bahwa orang-orang yang mendengarkan musik ceria merasa suasana hati mereka lebih baik dari sebelumnya. Kesimpulan ini dibuat berdasarkan eksperimen yang berlangsung selama dua minggu.

Pada eksperimen tersebut, peserta penelitian diminta mendengarkan musik untuk memperbaiki mood mereka. Efek ini hanya berhasil ketika mereka mendengarkan musik dengan beat yang cepat seperti lagu-lagu dari Copeland.

Namun, terlepas dari genrenya, terkadang sebagian besar orang hanya ingin mendengarkan lagu yang sesuai dengan perasaan saat itu. Mendengarkan genre lagu yang berbeda juga akan memberikan efek yang berbeda pada mood.

Berikut ini adalah efek tiap genre musik terhadap mood Anda yang di kutip dari laman hellosehat.com.

1. Klasik

Musik klasik sering dimainkan di tempat-tempat yang membutuhkan ketenangan, misalnya perpustakaan. Faktanya, jenis musik ini bisa memberikan Anda rasa tenang dan nyaman.
Hal ini terbukti pada penelitian yang dilakukan oleh tim dari Emporia State University. Setelah diperdengarkan dengan musik klasik, peserta penelitian melaporkan peningkatan perasaan tenang, relaksasi, serta berkurangnya rasa cemas.

2. Heavy metal dan hard rock

Berbeda dengan musik klasik, musik heavy metal dan hard rock sarat akan gebukan drum dan suara gitar yang agresif. Biasanya, lagu-lagu genre ini juga disertai dengan lirik penuh amarah atau kritik sosial.

Dalam penelitian yang sama dengan sebelumnya, banyak orang juga mengalami peningkatan kegelisahan setelah mendengarkan musik heavy metal dan rock.

Namun, bagi orang-orang yang menyukai genre ini, mendengarkan lagu-lagunya bisa membakar semangat dan membantu mereka saat menghadapi situasi stres.

3. Pop

Tempo yang menenangkan dan ritme yang mudah dicerna merupakan ciri khas musik pop. Genre musik ini sangat populer dan menjadi favorit banyak orang.

Hampir serupa dengan musik klasik, genre musik pop juga dapat memberikan efek yang positif bagi mood, menenangkan, serta mengurangi rasa khawatir dan tegang.

4. Jazz

Selain musik klasik, musik jazz juga kerap dipilih untuk menemani orang-orang saat bekerja. Musik jazz dapat membuat Anda lebih fokus dan bahkan meningkatkan produktivitas di tempat kerja.

Tak hanya itu, musik jazz juga dapat mengaktifkan gelombang teta di otak. Gelombang teta merupakan gelombang otak yang memicu sisi kreativitas manusia.

Jadi, bila Anda ingin mendapatkan inspirasi untuk pekerjaan, mungkin mendengarkan musik jazz patut dicoba.

Penulis: Nur Indah Lestari Asis