Masuk

Wajib Tahu, Ini Metode Dalam Menjaga Lingkungan

Komentar

Terkini.id, MakassarMenjaga lingkungan berarti menjaga kehidupan, kita telah mengetahui bahwa manusia tidak bisa hidup ketika alam itu musnah. 

Tetapi kita lupa mungkin lupa atau pura pura lupa akan hal itu.ini di buktikan dengan bagaimana perilaku buruk yangkita lakukan sehari hari,misalnya dengan membuang sampah sembarangan, penggunaan kantong plastik yang berlebihan, dll.

Kita sudah banyak melihat gerakan-gerakan lingkungan ataupun pendidikan yang di ajarkan di bangku sekolah dan perkuliahan , tetapi mengapa masih banyak yang tidak sadar? Berikut metode ataupun tips menjaga lingkungan, seperti di lansir Kompasiana.

1.Tidak ada alat yang paling kuat kecuali dari dalam diri kita sendiri. 

Jika ada kemauan, kita pasti bisa melakukannya. Sudah banyak dibuktikan oleh tokoh-tokoh terkenal. Mulailah dari diri kita sendiri. 

Hal tersebut memanglah kecil, tetapi hal besar tidak akan terjadi jika tidak ada hal kecil yang memulainya. Buanglah sampah pada tempatnya. Merasa bersalah saat kita membuang sampah sembarangan merupakan hal yang baik untuk memulai semua ini. Merasa tidak nyaman jika banyak sampah di sekitar lingkungan kita. 

Kita tidak perlu melarang orang untuk membuang sampah sembarangan atau untuk menjaga lingkungan apalagi jika kita belum menerapkannya di dalam kehidupan kita sehari-hari. 

2. Terapkan dalam Kehidupan Kita

Setelah kita memulai dari diri sendiri dan telah memiliki mindset lingkungan, terapkanlah. Kita bisa karena biasa. Kita harus konsisten, jangan sekali-kali menjaga lingkungan, sekali-kali tidak. Kerbau saja tidak melakukan kesalahan untuk kedua kalinya, bagaimana dengan kita? Kita sebagai makhluk yang berakal pasti bisa lebih baik daripada kerbau. 

Setelah kita menerapkannya di kehidupan sehari-hari, kita akan terbiasa untuk menjaga lingkungan. Kita akan mencari tempat sampah untuk membuang sampah tanpa sadar. Biasakanlah dan terapkan. Jangan hanya sekedar ajakan belaka. 

3. Mulailah Mengajak Orang Lain

Setelah kita memiliki mindset yang tepat dan telah menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari, mulailah untuk mengajak orang lain. Kita juga akan semakin natural untuk mengajak mereka, karena kita telah biasa melakukannya. Ajakan kita juga akan semakin persuasif dengan mindset yang telah kita terapkan. 

Ajaklah mereka dengan cara yang baik dan benar. Jangan sembarangan dalam mengajak, bacalah terlebih dahulu cara-cara menjaga lingkungan yang benar lalu jelaskan kepada orang lain.

Ingatkan mereka untuk tidak membuang sampah ke selokan atau ke tempat-tempat yang bukan TPU. Apalagi kita yang memiliki jabatan atau lebih tinggi dari masyarakat biasanya akan lebih berdampak jika mengajak orang lain. 

Jadi mengapa mereka yang sudah berpendidikan tinggi masih kurang dalam menjaga lingkungan? Mungkin karena mereka tidak memiliki mindset lingkungan dan masih belum memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan. 

Kurang menerapkan pada saat masa mereka menuntut ilmu. Namun apakah kita sebagai generasi di bawahnya harus mengikutinya? Tentu tidak! Apalagi zaman sekarang di mana kekhawatiran terhadap lingkungan harus diutamakan. 

Jagalah lingkungan! Agar generasi selanjutnya dapat menikmati apa yang telah kita nikmati. Walaupun kepuasan manusia tidak ada habisnya, cobalah untuk menghargai apa yang kamu miliki sekarang. Dengan begitu, kepuasanmu akan tertahan.

– Herman Safaat