Waketum MUI: Banyak Orang Islam di Indonesia Murtad Gegara Miskin

Terkini.id, Jakarta – Waketum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas menyebut banyak orang Islam di Indonesia yang berpindah agama alias murtad gegara miskin.

Hal tersebut disampaikan Waketum MUI itu menanggapi hasil riset Pew Research Center yang menyebut pertumbuhan populasi orang Islam di Indonesia belakangan ini mulai melambat.

Menurut Anwar Abbas, sejauh ini Indonesia menjadi negara yang disegani lantaran populasi umat Islam-nya yang besar.

“Orang melirik negara kita itu karena mayoritas muslim dan jumlahnya terbesar di dunia,” ujar Anwar Abbas, Rabu 27 Januari 2021 seperti dikutip dari Republika.co.id.

Mungkin Anda menyukai ini:

Namun, kata Anwar, populasi Muslim Indonesia saat ini mulai berkurang lantaran faktor kemiskinan.

Baca Juga: Sindir Waketum MUI Soal Kerumunan Jokowi, Ferdinand: Sudah Pernah Komentar...

Menurutnya, hal itu terjadi lantaran sejumlah orang Islam di Indonesia rela berpindah agama atau murtad karena iming-iming harta benda.

Anwar mencontohkan, ada seorang anak yang pintar dan bercita-cita tinggi. Namun, mimpi mulianya tersebut harus sirna lantaran terbentur biaya.

Kemudian, lanjut Anwar, ada pihak atau kelompok tertentu yang menawarkan dia beasiswa dengan syarat pindah agama. Anak yang belum tahu apa-apa itu kemudian menerimanya dan menjadi murtad.

“Indonesia saat ini memiliki jumlah muslim terbesar, namun kita memiliki masalah terhadap ekonomi, bisa jadi menurunnya peringkat populasi ini diakibatkan karena banyaknya orang murtad akibat kemiskinan,” ungkapnya.

Mengutip Hops.id, Anwar Abbas juga menilai bahwa yang dibutuhkan umat Islam di Indonesia saat ini yakni percepatan pengembangan ekonomi di sektor riil. Sehingga hal itu bisa meningkatkan kontribusi umat Islam di bidang ekonomi.

Anwar pun menyadari bahwa kemiskinan memang menjadi titik lemah umat Islam di Indonesia. Oleh karena itu, Waketum MUI ini mengharapkan titik lemah tersebut bisa dihilangkan.

“Dengan terpilihnya Erick Thohir sebagai Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah diharapkan sektor riil dapat berkembang. Karena pemimpin sebelumnya lebih fokus kepada aktivitas finansial semata,” ujarnya.

Bagikan