2 Ucapan Sakti Soekarno yang Terbukti Kebenarannya
Komentar

2 Ucapan Sakti Soekarno yang Terbukti Kebenarannya

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Soekarno atau yang akrab dengan panggilan Bung Karno itu tidak pernah lepas dari ingatan bangsa Indonesia.

Ir. Soekarno merupakan proklamator kemerdekaan Indonesia yang memiliki jasa besar atas kemerdekaan negara kesatuan Republik Indonesia.

Memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke 77 ini, sosok besar yang disebut The Founding Father itu kembali menjadi sorotan dan dikenang.

Soekarno juga dikenal dengan sosok orator kelas atas, setiap ucapan yang keluar dari mulutnya mampu membakar semangat masyarakat untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Presiden Soekarno merupakan presiden pertama Indonesia yang dikenal dengan banyak sekali kata-kata sakti atau kata-kata mutiar.

Kata-kata Bung Karno itu disebut sakti lantaran dinilai terbukti kebenarannya sampai saat ini.

Dilansir dari channel youtube Aliqul Channel, dengan judul ‘Heboh!! 16 Ucapan Sakti Presiden Soekarno yang benar-benar terbukti..,” dilansir Terkini.id pada Rabu, 17 Agustus 2022.

Dari 16 ucapan sakti itu, Terkini.id akan menjelaskan 2 ucapan sakti Soekarno yang terkenal dan mampu dibuktikan kebenarannya.

Pertama, tentang kekuasaan. “Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan di atas segalanya adalah kekuasaan Tuhan yang maha esa,” ujar Soekarno.

Ucapan sakti Soekarno itu dinilai terbukti, saat ini Indonesia telah mengalami pergantian presiden sampai 7 kali, hal tersebut membuktikan bahwa kekuasaan yang sejati adalah kekuasaan rakyat.

Kedua, kekuatan dan peran pemuda. “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia,” ujar Soekarno.

Ucapan itu juga dinilai sakti lantaran terbukti kebenarannya, sampai saat ini banyak sekali pemuda Indonesia yang berperan mengharumkan nama Indonesia di kanca internasional dari berbagai bidang.