3 Dokter Muda Disebut Meninggal dalam Dua Hari, Usianya di Bawah 35 Tahun

Tiga dokter yang dilaporkan meninggal dunia akibat covid-19.(ist)

Terkini.id, Jakarta – Dalam dua hari terakhir, ada 3 orang dokter di Indonesia yang disebut meninggal dunia akibat covid-19.

Kabar itu disampaikan dokter ahli jantung, dr Erta Priadi Wirawijaya SP JP lewat media sosialnya.

Dr Erta menyampaikan, virus corona masih menyebar dan masih memakan korban.

“Dalam dua hari terakhir, dokter yang meninggal akibat COVID-19 masih muda, semuanya <35 tahun (di bawah 35 tahun). Ada dr Sella (Bali), dr. Wulan (Surabaya), dan dokter Sangaji (Semarang). Mereka masih muda,” tulis dr Erta.

Dokter Sangaji  Menyusul Ayah dan Kakaknya yang Wafat karena Covid-19

Menarik untuk Anda:

Dalam postingannya tersebut, Dr Erta lebih banyak bercerita tentang kisah dr Sangaji, alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Agung Semarang yang meninggal menyusul ayah dan kakaknya.

“Kurang lebih 7 hari sebelumnya, ayahnya almarhum (Sangaji) meninggal konfirmasi POSITIF COVID. Belum diketahui terpapar dari mana. Kabar yang beredar, ketika pemakaman almarhum sang ayah, kakaknya (almarhumah dr. Elli, dokter puskesmas Halmahera Semarang, FK Unissula angkatan 1998) tiba-tiba mengeluh nyeri dada, kemudian meninggal saat dirawat di RS dengan diagnosa serangan jantung (PDP COVID). Namun belum konfirmasi karena sudah meninggal terlebih dulu,” tulisnya.

Dokter spesialis jantung ini kemudian menjelaskan, bahwa mereka yang terinfeksi COVID19 dan meninggal mendadak bisa saja disebabkan karena jantung. Hal itu lantaran meningkatnya risiko tromboemboli (penggumpalan darah) yang terjadi jika terinfeksi COVID19.

“Kemarin, Senin 6 Juli 2020 pukul 14.45, sang adik, almarhum Dokter Sangaji menghembuskan nafas terakhir setelah dirawat beberapa hari di RSUD Kota Semarang dengan diagnosa confirm covid-19. 

Yang bersangkutan sebelum meninggal sempat terpasang ventilator. Ibu yang bersangkutan saat ini sedang isolasi mandiri, semoga beliau diberikan kesembuhan.

Mohon do’a untuk sekeluarga yang sudah mendahului karena covid19. Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah serta diampuni dosa-dosanya. Serta keluarga yg ditinggalkan diberi ketabahan dan kesehatan,” tulisnya lagi.

Dia pun mengingatkan para netizen untuk terus mengikuti protokol kesehatan semaksimal mungkin dengan cara:

1. Jaga jarak dengan teman bicara, karena virus ini bisa menular melalui penyebaran bioaerosol yang dihasilkan melalui bicara, apalagi batuk/teriak. (Physical distancing).

2. Hindari kerumunan. Karena banyak diantaranya tidak bergejala (OTG) tapi bida menularkan.

3. Memakai masker dengan benar, menutupi hidung dan mulut. Penggunaan masker mengurangi kemungkinan penyebaran virus. Melindungi anda dan orang lain disekitar anda.

4. Penggunaan faceshield disarankan digunakan jika memungkinkan. Ini melindungi paparan virus ke mata dan muka. Namun tetap tidak cukup hanya faceshield saja karena virus tetap bisa terhirup ketika bernafas.

5. Cuci tangan dengan sabun pakai air mengalir setiap akan dan sesudah memegang sesuatu.

6. Lekas ganti pakaian dan mandi setiap kali anda keluar dan berada di tempat publik yang banyak orang.

 

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Kritik Rencana Pemerintah Buru Harta Karun, Tengku Zulkarnain: Mundur ke Zaman Dinasti Ming

Begini Kondisi Warga NU di Beirut Lebanon Pasca Ledakan Dahsyat

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar