579 Mahasiswa Politeknik Pariwisata Makassar Ikuti Kuliah Umum

Politeknik Pariwisata Makassar Gelar Kuliah Perdana

Terkini.id,Makassar – Sebanyak 579 orang mahasiswa Politeknik (Poltek) Pariwisata Makassar angkatan 2019/2020, Kamis 8 Agustus 2019 memulai kuliah perdana.

Kuliah perdana yang dirangkaikan dengan kuliah umum yang disampaikan langsung oleh Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar Ni Wayan Giri Adnyani di Balairung I Wayan Bendhi Poltekpar Makassar, Jalan Gunung Rinjani Tanjung Bunga Makassar.

Selain itu, kuliah perdana tersebut juga turut dihadiri Ketua dan Anggota Senat Akademika Politeknik Pariwisata Makassar, Plt. Direktur Politeknik Pariwisata Makassar, Kepala Sub Bagian Administrasi Akademik, Kepala Sub Bagian Administrasi Umum, para Ketua Jurusan dan Ketua Program Studi, para Dosen dan Tenaga Pendidik, beserta seluruh mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020.

Politeknik Pariwisata Makassar Gelar Kuliah Perdana

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Poltekpar Negeri Makassar, Syafruddin dalam laporannya mengatakan total jumlah mahasiswa baru Politeknik Pariwisata Makassar Tahun Akademik 2019/2020 yang diterima sebanyak 579 orang.

Syafruddin menyebutkan Program D3 Divisi Kamar sebanyak 97 orang, Program D3 Tata Hidang sebanyak 72 orang, Program D3 Seni Kuliner sebanyak 103 orang, Program D3 Perjalanan Wisata 100 orang, Program D4 Usaha Perjalanan Wisata 104 orang dan Program D4 Pengelolaan Konvensi dan Acara sebanyak 103 orang.

“Seluruh mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020 ini telah mengikuti pembinaan sikap dasar profesi dengan materi ceramah umum dari industri dan profesional serta peraturan militer dasar oleh tim angkatan udara Sulawesi Selatan serta matrikulasi Bahasa,” terangnya.

Ia juga berharap semoga Poltekpar Makassar mampu menyiapkan calon peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan professional dibidang kepariwisataan dengan berpedoman kepada tujuan Pendidikan Nasional, Kaidah, Moral dan Etika ilmu pengetahuan, kepentingan masyarakat, serta memperhatikan minat, kemampuan dan prakarsa pribadi.

“Intinya adalah semoga menghasilkan calon mahasiswa yang memiliki kemampuan dasar untuk dididik dan dilatih menjadi tenaga-tenaga professional di bidang kepariwisataan sebagai asset nasional dan memiliki keunggulan kompetitif dan kreatifitas yang berdaya saing,” urainya.

Sementara itu, Plt. Direktur Politeknik Pariwisata Makassar Drs. Muhammad Arifin, M.Pd dalam sambutannya menyambut hangat seluruh mahasiswa baru Politeknik Negeri Pariwisata Makassar.

“Saya menyampaikan selamat datang di Poltekpar Makassar. Kami juga memberikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh civitas akademika Poltekpar Makassar dalam penerimaan mahasiswa baru tahun ini,” tuturnya.

Ia juga menyampaikan kepada mahasiswa barunya mengalami perubahan dari siswa menjadi mahasiswa. Olehnya sebagai mahasiswa kelakukannya berbeda ketika masih menyandang status siswa.

Politeknik Pariwisata Makassar Gelar Kuliah Perdana

“Siswa lebih banyak diajarkan oleh gurunya tetapi mahasiswa harus lebih banyak berkreasi untuk mendapatkan ilmu-ilmu sesuai dengan ilmu atau program studi masing-masing. Maka dari itu mahasiswa diminta atau tidak diminta harus mampu berkreasi,” ujarnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar RI, Ni Wayan Giri Adnyani mengharapkan, Poltekpar Makassar dapat menghasilkan insan-insan pariwisata yang handal, berstandar global, namun juga tidak melupakan kearifan lokal.

“Karena di era 4.0 ini harus siap bersaing, siapa yang cepat dia yang akan menang. Bukan yang besar mengalahkan yang kecil, karena kita bersaing dengan teknologi,” terangnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini