Masuk

7 Cabor Peraih Medali Terbanyak Kontingen Makassar Pada Porprov Sulsel

Komentar

Terkini.id, Makassar – Tujuh cabang olahraga menjadi penyumbang medali terbanyak bagi kontingen Makassar pada Porprov Sulsel di Sinjai dan Bulukumba.

Cabang olahraga itu adalah renang, balap sepeda, menembak, judo, atletik, kempo, dan tinju.

Tim renang tampil luar biasa dengan meraih 29 medali emas, sembilan perak, dan 12 perunggu. Menurut Sekretaris Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Makassar, Muhammad Rasul Jafar, capaian ini jauh lebih tinggi dibanding target yang dipatok sebelumnya.

Baca Juga: Serahkan Bonus 11 M ke Atlet Porprov, Danny Pomanto: Pecahkan Sejarah

“Ini buah dari kerja keras, latihan keras, dan disiplin yang dijalani atlet selama training centre berjalan dilakukan,” kata Rasul, Selasa, 6 Desember 2022.

Selain meraih medali terbanyak, salah satu atlet renang Makassar, Aril Hidayatullah juga sukses mencetak empat rekor dari empat nomor yang dipertandingkan di cabang renang.

Peringkat kedua ditempati balap sepeda yang menyumbang 16 medali emas dan sepuluh perak. Sekretaris Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Makassar, Muhammad Nasir Husain berharap prestasi ini terus dipertahankan atlet balap sepeda Makassar.

Baca Juga: Danny Pomanto Puji Kepemimpinan Ahmad Susanto Pimpin KONI Makassar

“Persiapan kami memang cukup matang, termasuk melakukan try out dan mengirim atlet di kejurnas Semarang,” kata pria yang akrab disapa Uchen itu.

Penyumbang medali terbanyak ketiga adalah menembak. Tim menembak Makassar berhasil meraih 16 medali emas, sembilan perak, dan sepuluh perunggu. Beberapa nomor di cabor ini bahkan disatu bersih tim Makassar.

Cabor penyumbang medali terbanyak lainnya adalah judo, atletik, kempo, dan tinju. Empat cabang olahraga ini masing-masing menyumbang sepuluh medali emas.

Ketua KONI Makassar, Ahmad Susanto mengapresiasi seluruh cabang olahraga yang menunjukkan prestasinya di Porprov Sulsel. Ia berharap prestasi ini terus dipertahankan dan ditingkatkan pada event lebih tinggi lagi.

Baca Juga: Ketua KONI Makassar Janji Bawa Makassar Jadi Contoh Pembinaan Prestasi di Indonesia

Rencananya, atlet Makassar peraih medali di Porprov akan dibuatkan acara khusus sebagai apresiasi atas prestasinya lewat event “Malam Juara” yang dijadwalkan akan berlangsung 21 Desember mendatang. Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto akan hadir langsung menyerahkan bonus kepada para atlet berprestasi.

Berikut Rincian Perolehan Medalinya:

1. Renang 29 emas, 9 perak, 12 perunggu
2. Balap Sepeda 16 emas, 10 perak
3. Menembak 16 emas, 9 perak, 10 perunggu
4. Judo 10 emas, 9 perak, 9 perunggu
5. Atletik 10 emas, 5 perak, 6 perunggu
6. Kempo 10 emas, 3 perak, 3 perunggu
7. Tinju 10 emas, 1 perak.