Kim Jong-un Akhirnya Umumkan Suspek Pertama Covid-19 di Wilayahnya

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un (foto: Pixabay.com)

Terkini.id, Makassar – Beberapa waktu lalu Kim Jong-un ( Presiden Korea Utara ) sempat mengklaim bahwa negaranya bebas dari wabah Covid-19.

Namun, setelah pandemi global virus corona (Covid-19) berlangsung lebih dari setengah tahun, Korea Utara baru melaporkan suspek pertama di wilayahnya.

Sebelumnya, para pakar meyakini jika Covid-19 menyebar di Korut, maka sistem kesehatan yang rapuh di negara itu tidak bakal sanggup menghadapinya.

Dilansir dari AFP, mengutip kantor berita Korut, KCNA, suspek Covid-19 itu berasal dari warga yang secara ilegal masuk ke wilayah tersebut.

“Seseorang yang suspek telah terinfeksi dengan virus ganas telah dikembalikan pada 19 Juli setelah secara ilegal menyeberang garis demarkasi,” demikian ujar penyiar beritaKCNAdalam tayangannya.

Menarik untuk Anda:

Jika kasus tersebut betul terkonfirmasi positif, maka akan menjadi kasus positif pertama yang akan diakui otoritas Korea Utara.

Kantor berita Korut,KCNA, menyatakan setelah orang itu melakukan pemeriksaan virus corona dengan mengambil contoh darah dan air liur, ternyata dia positif tertular. Orang itu saat ini ditempatkan di lokasi karantina di Kaesong.

“Dan semua orang, siapa pun yang pernah kontak dengan orang itu, dan mereka yang berada di kota itu dalam lima hari terakhir pun akan dicek kembali dan dikarantina,” demikian siaran KCNA.

Untuk menyikapi situasi ini agar tak menimbulkan bencana kematian dan menghancurkan, Presiden Korut, Kim Jong-un menggelar pertemuan darurat politburo.

Kim Jong-un mengatakan, meski sudah melakukan pencegahan dan penangkalan yang ketat, virus itu bisa saja telah masuk ke negaranya. Kim pun menyatakan, pemerintah telah memblokade kota Kaesong hingga 24 Juli, sejak dugaan suspek tersebut terdeteksi pada 19 Juli lalu.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

5 Pembalap Satelit Yang Mampu Juara Dunia, Mampukah Fabio Quartararo Juara Dunia?

Selain Penjelasan, Kakan Kemenag Bulukumba Hadir Juga Beri Kejelasan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar