Aktivis Difabel Makassar: Era Danny Pomanto, Alokasi Anggaran untuk Kaum Disabilitas Meningkat

Difabel
Aktivis Difabel Makassar, Abdul Rahman Gusdur.

Terkini.id, MakassarAktivis Difabel Makassar, Abdul Rahman Gusdur angkat bicara ihwal tudingan terhadap Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto yang dinilai tak berpihak pada kepentingan kaum Difabel di Makassar.

Gusdur, sapaannya, mengatakan pada era kepemimpinan Danny, anggaran kaum difabel meningkat. Selain itu, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan jajarannya bersentuhan langsung dengan kepentingan warga Makassar yang difabel.

“Peningkatan anggaran bagi pemenuhan hak difabel dapat diukur dari peningkatan alokasi anggaran dari tahun ke tahun di masa Danny menjabat Wali Kota Makassar periode 2014-2019,” kata Abdul, Jumat, 4 Desember 2020.

Ia mengatakan OPD Pemkot Makassar yang mengurusi difabel awalnya hanya Dinas Sosial. Lantas tak lama kemudian Danny menambah menjadi 7 OPD yang mengalokasikan anggaran bagi difabel.

“Sebelum era Danny, hanya Dinas Sosial yang bersentuhan langsung dengan difabel. Saat Danny menjabat ada 6 OPD lainnya yang ia tugaskan untuk ikut bertanggung jawab atas pemenuhan hak kaum difabel dan menjadikan Makassar sebagai kota inklusi yang ramah pada difabel,” ujar Gusdur.

Menarik untuk Anda:

Gusdur merincikan, selain Dinas Sosial, sejumlah dinas terkait difabel yaitu: Dinas Pendidikan, Dinas PU, Dinas Kesehatan, Dinas Dukcapil, Dinas Pemuda dan Olahraga, serta Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak.

Gusdur mencontohkan, anggaran Dinas Pendidikan Kota Makassar untuk pemanfaatan bagi difabel di tahun 2017 mencapai Rp 175.912.000.

Lantas pada tahun 2018 sebesar Rp 161.452.000, dan pada 2019, anggarannya naik drastis mencapai Rp 14,3 miliar. 

“Pertumbuhan yang sangat signifikan ini karena adanya alokasi anggaran di 2019 rehabilitasi sekolah,” ungkapnya.

Secara pribadi, Danny juga sangat akrab dengan kehidupan warga Makassar yang difabel. Danny diketahui memberikan lapangan pekerjaan bagi beberapa anggota tunarungu untuk bekerja di kediaman pribadinya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Rentetan Sejarah Gempa Majene, BMKG: Gempa Susulan Masih Akan Terjadi

Berikut Analisa BMKG Soal Gempa di Majene Sulbar

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar