Anak Muda Perlu Lakukan Ini, untuk Hidup Sehat di Masa Pandemi

Anak Muda Harus Lakukan Ini, untuk Hidup Sehat
Anak Muda Harus Lakukan Ini, untuk Hidup Sehat

Terkini.id, – Pandemi Covid-19 membuat banyak orang menjadi terbatas melakukan aktifitas di luar ruangan. Terutama bagi anak muda yang aktif dan menyukai beragam aktifitas.

Menjalankan hidup sehat harus menjadi gaya hidup yang perlu diterapkan setiap hari di kalangan anak muda.

Meski memiliki keterbatasan dalam melakukan kegiatan dan aktifitas di tengah pandemi, namun banyak anak muda tetap mempertahankan gaya hidup sehat dan aktif dalam melakukan kegiatan harian termasuk berolaraga selama di rumah.

Demi menunjang gaya hidup aktif sangat penting memastikan bahwa kita menjaga kesehatan tubuh serta menerima asupan gizi yang tepat dalam keseharian.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh anak muda yang memiliki gaya hidup aktif, seperti diutarakan dr. Juwita Surapsari, Sp.GK, M.Gizi dari Perhimpunan Nutrisi Indonesia.

Menarik untuk Anda:

1. Cukupi Kebutuhan Energi Harian

Beragam aktifitas yang dilakukan anak muda akan sangat membutuhkan sumber energi yang banyak.

Kebutuhan energi setiap orang berbeda-beda tergantung dari usia, jenis kelamin, tinggi dan berat badan serta aktifitas fisiknya.

Untuk menunjang kebutuhan energi, perlu diperhatikan pola makan teratur dan ideal yang terdiri dari tiga kali makan utama dan dua kali selingan, sesuai anjuran Kemenkes RI.

Pola makan teratur perlu didampingi asupan gizi seimbang dari makanan yang dikonsumsi

Terutama bagi anak muda yang aktif dan terbiasa berolahraga, perlu diperhatikan nutrisi yang dikonsumsi agar tercukupi kebutuhan gizi karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Makanan dan minuman yang dikonsumsi tidak hanya mencukupi kebutuhan kalori saja tetapi harus memenuhi kebutuhan gizi makro dan mikronutrien penting.

2. Pahami Kandungan Makanan yang Dikonsumsi

Untuk mempermudah dalam memilih makanan, diperlukan panduan piring makan, setengah dari piring kita harus berisi sayuran dan buah-buahan, seperempat dari piring berisi protein dan seperempatnya lagi karbohidrat.

Oleh Kemenkes RI telah mengeluarkan Pedoman Gizi Seimbang yang berisi manfaat makanan sehat bagi tubuh, panduan makan sehat dan panduan pola hidup sehat.

Untuk memenuhi asupan protein dalam tubuh, kita dapat mengonsumsi makanan seperti, telur, daging, ayam, ikan, susu, tahu.

Protein sangat bermanfaat untuk membentuk otot dan jaringan tubuh serta membentuk hormone dan enzim serta hemoglobin dalam darah yang sangat penting dalam menjalankan fungsi penting dalam tubuh kita.

3 . Berolahraga dan Istirahat yang Cukup

Selain mengonsumsi makanan sehat, tubuh juga harus perlu berolahraga untuk menjaga daya tahan tubuh.

Kita harus membiasakan diri untuk bangun dari tempat duduk setiap dua jam sekali untuk bangun dari tempat duduk dan berjalan-jalan di sekitar rumah atau berolahraga ringan. Istirahat dan tidur yang cukup juga penting untuk dilakukan. 

Anak muda dan orang dewasa dianjurkan untuk beristirahat selama 7 jam agar dapat mempertahankan imunitas tubuh.

4. Lengkapi Kebutuhan Gizi dengan Minum Minuman Mengandung Susu

Untuk pertumbuhan badan, anak muda membutuhkan kalsium yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Susu adalah salah satu protein penting yang membantu mencukupi kebutuhan tubuh dan berguna menjaga daya tahan tubuh, terutama di tengah kondisi pandemic yang rentan terhadap berbagai virus yang mudah menyerang terutama covid-19.

Dengan mengonsumsi susu, dapat menambah Kembali nutrisi yang terbuang selama beraktifitas.

Tersedia banyak macam susu yang dijual ada yang sudah dikemas dalam bentuk minuman sehingga praktis untuk dibawa kemana-mana. Salah satu minuman susu yang perlu diminum adalah Nutriboost, bisa juga memilih merek susu yang lain.

Yang terpenting susu tersebut mengandung nutrisi penting untuk pertumbuhan anak muda dan membantu mereka bisa beraktifitas dan selalu semangat menjalani kegiatan sehari-hari.

Anak muda bisa melakukan beragam aktifitas di luar rumah dengan terus menjaga kebiasaan hidup aktif dan sehat, dan tidak lupa selalu patuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan selalu menjaga pikiran kita tetap positif. Ingat selalu pesan ibu!

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Kenali Beragam Obat Pelangsing dengan Bahan Alami

Nutrisi Ini Membantu Anak Tumbuh Tinggi Badan Secara Optimal

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar