Antisipasi Covid-19, Pemkot dan Dinkes Parepare Perketat Pengawasan Penumpang Kapal

Pemkot Parepare
Antisipasi Covid-19, Pemkot dan Dinkes Parepare Perketat Pengawasan Penumpang Kapal

Terkini.id, Parepare – Pemerintah Kota Parepare melalui Kantor Dinas Kesehatan memperketat pemeriksaan data penumpang yang masuk di Pelabuhan Nusantara.

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19), khususnya di wiliyah Sulawesi Selatan.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Parepare, yang juga Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Parepare, Dr. Halwatiah mengatakan, sesuai protap (prosedur tetap) protokoler kedatangan penumpang untuk mencegah COVID-19, penumpang dari jalur laut akan diperiksa suhu tubuhnya menggunakan hand thermo scanner dan penyemprotan disinfektan yang telah disediakan oleh Pelindo.

“Sementara untuk penumpang yang berlabuh di Kota Parepare, dengan tujuan kabupaten kota yang ada di luar kota, akan kami lakukan pendataan secara ketat. Sampai pada pemeriksaan KTP dan identitas pendukung lainnya,” ucap dia, Minggu, 5 April 2020.

Halwatiah menjelaskan, identitas tersebut kemudian didokumentasikan dan disesuaikan dengan catatan Disdukcapil. Biodatanya juga langsung dikirim ke Dinas Kesehatan masing-masing daerah.

Menarik untuk Anda:

“Itu untuk dilakukan pendataan mereka dan dikarantina setelah tiba di daerah tujuannya. Khusus hari ini, kami mendata ada sekitar 10 orang warga Parepare. Kami langsung menuruskan ke camat, lurah dan Puskesmas masing-masing kita lakukan pemeriksaan dan isolasi mandiri yang dikategorikan Orang Tanpa Gejala (OTG) kepada warga yang baru tiba ini,” terang dia.

Pemeriksaan dan penyemprotan ini dilakukan oleh tim kesehatan terpadu dan pemeriksaan deteksi dini gejala virus corona atau COVID-19, terhadap para penumpang Kapal KM Kirana.

Sementara itu, Walikota Parepare Taufan Pawe mengatakan bahwa hal itu sudah sesuai dengan instruksi dan arahan Gubernur Sulsel untuk memperketat pengawasan dan kedatangan warga yang hendak masuk ke Sulsel.

“Secara khusus bagi penumpang atau aktivitas warga yang keluar masuk Kota Parepare akan kita data dengan baik, hal itu dilakukan demi mengantisipasi adany penyebaran Covid-19, yang bisa menyebar melalui kontak langsung atau mengontak barang yang pernah dipegang oleh orang yang terjangkit,” pungkasnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Taufan Pawe Resmi Terima SK Kepengurusan Partai Golkar Sulsel

Museum Kepresiden Balai Kirti Lirik Meseum BJ Habibie Parepare untuk Event Nasional

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar