Antisipasi Kerumunan Tempat Wisata Saat Libur Lebaran, Dispar Makassar Siapkan Papan Bicara dan Sanksi

Terkini.id, Makassar – Plh Dinas Pariwisata Kota Makassar Moh Roem mengatakan telah menyiapkan papan bicara ihwal protokol 5 M pada seluruh tempat destinasi wisata. 

Hal itu, kata dia, mengantisipasi kunjungan masyarakat pada saat libur lebaran.

“Terutama di hari Sabtu dan Minggu karena kita tahu wisata alam akan menjadi target warga Kota Makassar pada libur lebaran,” ujar Roem, Selasa, 11 Mei 2021.

Baca Juga: Hari Ini, Menparekraf Sandiaga Uno Akan Mengunjungi Kawasan Geopark Nasional...

Dinas Pariwisata, kata Roem, sudah berkoordinasi dengan pengelola destinasi, seperti pengelola Pantai Akkarena, Bugis Water Park, Lego-Lego, dan UPT Losari, serta pihak pengelola mal.

“Sudah dua Minggu kami lakukan koordinasi, jadi kita harap sesuai arahan pak wali di edaran adaptasi sosial yang mengatakan bahwa jumlah maksimum adalah 50 persen,” sebutnya.

Baca Juga: Bangkitkan Ekonomi Pariwisata, Dispar Makassar dan ASITA Sulsel Ikuti BBTF...

Roem menilai destinasi wisata pada area ruang terbuka seperti pantai tak terlalu sulit dikontrol selama tak berkerumun. Sebab, memiliki area yang luas sehingga minim adanya kerumunan.

“Kami telah mengimbau kepada pengelola destinasi, seperti di Tanjung Merdeka, Tanjung Bayang maupun Pantai Biru untuk terapkan protokol 5 M,” ungkapnya.

Roem menyebut pihaknya bakal memberi teguran hingga sanksi bila pengelola destinasi mengabaikan aturan protokol kesehatan. 

Baca Juga: Hari ke-2 CBFW, Pemerintah Kota Makassar Beri Cinderamata Brand Donna...

“Dispar dan Satgas Raika akan di lokasi untuk melakukan pengawasan dan pemantauan,” ucapnya.

Belajar dari kasus tsunami Covid-19 di India, Roem meminta kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. 

Ia pun mengimbau masyarakat untuk berada di rumah bila tak ada kepentingan mendesak usai lebaran.

“Kira berharap semakin sadarnya masyarakat untuk tidak beraktifitas setelah lebaran, mungkin lebih baik di rumah saja,” tutupnya.

Bagikan