Desain Etnik Unjuk Gigi di CBFW 2021, Dispar Makassar: Promosikan Produk Sendiri

Terkini.id, Makassar – Celebes Beauty Fashion Week (CBFW) 2021 memamerkan ragam desainer tanah air. Terlihat sejumlah desainer mengangkat karya mereka dengan gaya etnik Indonesia yang kental.

Masing-masing menampilkan koleksi yang kuat dengan napas nuansa etnik. Salah satunya menggunakan kain Sutra Sengkang. 

Selain itu, juga terlihat hijab dan busana bernuansa etnik Makassar. Kini nuansa etnik semakin umum terlihat. 

Baca Juga: Grab dan Dinas Pariwisata Makassar Kolaborasi Luncurkan Program Wisata Mudik

Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Rusmayani Madjid mengatakan CBFW mengangkat tema etnik, salah satunya untuk memperlihatkan bahwa desain lokal tak kalah dengan desain luar.

“Kita tahu pelaku usaha yang ada di Makassar dan Sulsel semakin berkembang, bahan-bahan dan desainnya tidak kalah dengan desain luar,” kata Maya, sapaannya, Jumat, 4 Juli 2021.

Baca Juga: Wali Kota Makassar Beri Ultimatum, Lorong Wisata Rampung Sebelum 17...

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk mencintai produk sendiri. Hal itu memperkenalkan lebih luas desainer yang mengangkat lokalitas.

“Sekaligus kita menggunakan, sekaligus kita mempromosikan produk sendiri,” kata Maya.

Sebelumnya, pemilik brand hijab populer yang tengah naik daun, Donna Scarves, Muliani Alif Lakoreasa, mengatakan bakal meluncurkan jilbab dengan mengangkat ikon Makassar, seperti masjid 99 kubah, Pantai Losari, hingga Monumen Mandala.

Baca Juga: Wali Kota Makassar Beri Ultimatum, Lorong Wisata Rampung Sebelum 17...

“Ini didesain dari lukisan tangan secara manual lalu ditranslate ke printing. Pembuatan desainnya makan waktu dua bulan,” kata Muli.

Desain jilbab tersebut bercerita. Muli menilai Kota Makassar begitu menawan dari segala aspek. Bagi dia, tingkat kemajuan kota Daeng sangat pesat.

Bagi Muli karya tersebut merupakan apresiasi terhadap pemerintah kota yang telah membuat Makassar sudah sejauh ini. Pembuatan desain ia rancang selama dua bulan. 

“Saya tidak menyangka ada bangunan di Makassar secakep ini, orang-orang sampai mengira di luar negeri,” paparnya.

Muli memproduksi jenis hijab itu di waktu yang tepat karena saat itu hijab motif sedang booming. Ciri khasnya adalah kualitas produk yang mengangkat ikon Makassar.

“Tujuan saya ingin mengangkat citra Kota Makassar dari orang yang tidak tahu menjadi tahu bahwa itu ikon di Makassar,” ungkapnya.

Produk Donna Scarves akan diluncurkan pada hari ke-2 pagelaran CBFW, yakni 5 Juni 2021. Ia mengatakan jauh sebelum itu, penyambutan masyarakat sangat baik. 

Ia berharap karya-karya yang lahir ditangannya bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat. Muli mengatakan tak ada kesuksesan tanpa kerja keras. 

Bagi Muli, selama ini ia terus berjuang memberikan kualitas terbaik karena baginya itu kunci untuk mendapatkan pelanggan setia.

Bagikan