April 2020, Dua Juta Pengangguran di Indonesia Mulai ‘Digaji’ Jokowi

Jokowi
Presiden Jokowi. (Foto: ist)

Terkini.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memulai program Kartu Pra Kerja yang akan diberikan kepada dua juta orang pengangguran di Indonesia.

Menteri Koordinator Perkonomian Airlangga Hartarto mengatakan pilot project pembagian kartu akan dilakukan di Jakarta dan Bandung.

Peluncuran program Kartu Pra Kerja, kata Airlangga, baru efektif akan dilakukan pada Agustus 2020. Namun, uji coba akan dilakukan pada April 2020 karena rancangan peraturan presiden (RPP) kemungkinan baru selesai pada Desember 2019.

“Kami akan mencoba yang paling simple (sederhana) di Jakarta, Bandung. Pada April-Agustus 2020 adalah perluasan implementasi (pilot project) di berbagai kota dan launching di Agustus 2020,” ujar Airlangga di Komplek Istana, seperti dilansir dari CNN Indonesia, Selasa, 10 Desember 2019.

Lanjut Airlangga, pemerintah butuh waktu sepanjang Januari-Februari 2020 untuk menyelesaikan pembentukan manajer pelaksana proyek (Project Manager Officer/PMO). Setelah itu, pemerintah akan mematangkan pembentukan situs dan aplikasi pendaftaran.

“Sesuai rencana awal, pilot project akan menjaring sekitar dua juta penerima Kartu Prakerja. Total anggaran yang disiapkan untuk keseluruhan program mencapai Rp10 triliun,” terangnya.

Masing-masing penerima Kartu Prakerja, kata Airlangga, akan mendapat uang sebesar Rp3 juta sampai Rp7 juta per penerima. Jumlah ini sesuai jenis pelatihan yang diterima oleh masing-masing penerima.

“Pelatihan mencakup teknik industri tertentu seperti digital, lifestyle, fotografi, perawatan, properti, pertanian, penjualan, perbankan, dan lainnya,” ujarnya.

Diketahui, program Kartu Prakerja merupakan bantuan dari pemerintah yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja atau buruh aktif, dan/atau pekerja atau buruh yang terkena PHK yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Program tersebut merupakan salah satu janji yang disampaikan Presiden Jokowi saat kampanye Pemilihan Presiden 2019.

Komentar

Rekomendasi

Kebakaran Rumah di Jeneponto, 1 Orang Dikabarkan Tewas

Kesepian dalam Penjara, Napi Ini Minta Polisi Tangkap Orang Lagi agar Ada Teman

Bejat, Ustaz Ini Cabuli Santriwati yang Masih di Bawah Umur

Moeldoko Kagum pada Haerul Sang Montir Perakit Pesawat Terbang

Beredar Video Klarifikasi Petinggi Sunda Empire, Ngaku Bisa Kendalikan Bumi dan Nuklir

Viral, Rombongan SPG Kesurupan Massal Dalam Mobil Usai Singgah di Telaga Golf

Begini Kronologi Kejadian Moncong Ikan Tancap Leher Remaja Nelayan, Untung Tak Dilepas

Disepakati DPR, Pemerintah Bakal Hapus Tenaga Honorer

Hadir di Makassar Bersastra, Deng Ical Ajak Pecandu Aksara Kampanyekan Literasi Digital

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar