Setelah Avanza vs Xpander, Kini Calya Punya Lawan Baru dari Mitsubishi

Terkini.id, Jakarta – Setelah peluncuran Avanza terbaru, persaingan kendaraan MPV antara Avanza dan Mitsubishi Xpander makin ketat.

Kini, Mitsubishi ancang-ancang menyasar kendaraan mini MPV, dan menyaingi merek Toyota seperti Calya.

Mitsubishi tengah mengembangkan mobil MPV mini sebagai kei car dengan nama eK Kei. Mobil ini dibangun bersama aliansi Nissan. Kendaraan tersebut saat ini telah dijual di Jepang.

Jajaran eK terdiri dari dua model: eK Wagon dan eK Custom digantikan oleh eK X rasa crossover. Keduanya memiliki gaya berbeda antara eK Wagon dan eK X.

Mitsubishi eK Wagon mengadopsi tampilan yang lebih menonjolkan ke lapangan kabin. Sementara eK X memiliki tampilan yang lebih berani lewat desain ujung depan Dynamic Shield, lampu depan LED yang lebih ramping, warna dual-tone, serta elemen-elemen yang terasa seperti crossover seperti plastik yang mengelilingi fender, pintu, dan bumper. Dari depan memiliki kemiripan dengan muka Mitsubishi Xpander.

Untuk interior, keduanya memiliki kemiripan meskipun Mitsubishi eK X menawarkan berbagai pilihan personalisasi termasuk desain dua-warna dan bahan yang lebih variatif.
Jika model ini diadopsi untuk MPV mini bisa bersaing dengan Toyota Calya hingga Daihatsu Sigra di Indonesia.

Berdasarkan platform baru yang dikembangkan bersama dengan Nissan, Mitsubishi eK menggunakan mesin bensin tiga silinder turbocharged 0,66 liter baru sebagai prasyarat mobil kei. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 52 PS pada 6.400 rpm dan torsi 60 Nm pada 3.600 rpm. Transmisi mengandalkan CVT baru dan dilengkapi dengan FWD standar atau AWD opsional.

Sementara pada eK Wagon, mesin ditawarkan tanpa bantuan eksternal, di eK X itu terhubung ke sistem hybrid yang bisa menjadi solusi hybrid ringan . Namun, sistem ini diklaim dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan menghasilkan performa berkendara yang lebih bertenaga dan lebih halus.

Di bagian depan teknologi, model Mitsubishi eK yang semuanya baru tersedia dengan sistem bantuan pengemudi jalur tunggal Mi-Pilot untuk mengemudi di jalan raya.
Teknologi tersebut membantu pengoperasian akselerator, rem, dan kemudi untuk mengurangi stres dan kelelahan pada perjalanan yang lebih lama. Sistem lain yang tersedia termasuk Active Cruise Control, Lane Keep Assist, Control Grip, Multi Around Monitor, dan Digital Spion Mirror.

Harga Mitsubishi eK Wagon di Jepang mulai dari ¥ 1.296.000 (sekitar Rp 166 juta) dan untuk eK X seharga ¥ 1.414.800 atau Rp 181 juta belum termasuk pajak.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Ekonomi

Sumatera Setelah Pemilu 2019

ADA proyek strategis yang sejak era SBY sudah digagas. Apa itu ? Sumatera tengah super kuridor. Itu proyek koneksitas antara Riau sebagai gateway ASEAN