Bahas Metode Evaluasi dan ‘EcoOffice’ Kapus P3E SUMA-KLHK Apresiasi Visitasi dari P3E Kalimantan

terkini.id, Makassar, Rombongan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Kalimantan – KLHK   berkunjung ke  Kantor Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku pada Kamis (19/05/2022) di  Gedung Rachmat Witoelar, Kantor P3E SUMA-KLHK Jalan Perintis Kemerdekaan KM 17 Makassar, Sulawesi Selatan.

Rombongan dari Tanah Borneo  yang dipimpin langsung oleh nakhoda baru  Kapus P3E Kalimantan Dr.Mini Farida disambut langsung oleh Kepala P3E SUMA-KLHK, Dr.Darhamsyah dengan didampingi Kepala Bidang Evaluasi Pengendalian Pembangunan Ekoregion, Mery  Hadriyani Chairuddin , M.Si.

 

Baca Juga: KLHK Cetak Tenaga Teknis Kehutanan Tingkat Terampil Lewat 5 Sekolah...

Dalam awal sambutannya, 
Kepala Bidang Evaluasi Pengendalian Pembangunan Ekoregion, Mery  Hadriyani, M.Si mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kapus P3E Kalimantan, Dr.Mini Farida bersama para Kabid serta staf ke kantor P3E SUMA-KLHK.

 

Baca Juga: Penyidik KLHK Limpahkan Penambang Ilegal Bukit Mangkol ke Kejati Babel,...

Sementara itu, Kapus Kalimantan, Dr. Mini Farida yang berkesempatan hadir di Gedung Rachmat Witoelar,  Kantor P3E SUMA-KLHK mengungkapkan rasa haru jika berada di kantor ini kembali. 
Kenangan akan muncul kembali saat masa pernah berkarir disini.

 

Selanjutnya Kapus P3E Kalimantan ini mengungkapkan bahwa keberadaan P3E Kalimantan berdiri sejak 15 tahun yang lalu sebagai simpul wilayah ekoregion wilayah Kalimantan, sekaligus sekarang di wilayah IKN ( Ibu kota Negara).

Baca Juga: Penyidik KLHK Limpahkan Penambang Ilegal Bukit Mangkol ke Kejati Babel,...

 

Kita juga  bisa saling sharing terkait program dan metode kerja antar Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion.

 

“Tujuan kami ke sini  adalah antara lain integrasi sistem,  koordinasi  pembelajaran ecooffice, pembahasan metode evaluasi,”ungkapnya lagi.

 

“Kita akan replikasi fasilitas yang ada di kantor P3E SUMA di P3E Kalimantan serta  akan belajar ‘maggot’ ( black soldier) sebagai pelengkap fasilitas di Bank sampah kami,”pungkas Kapus P3E Kalimantan, Dr.Mini Farida.

 

Dilanjutkan dengan sambutan dari Kapus P3E SUMA-KLHK, Dr.Dathamsyah.

 

Dalam paparannya, Kapus P3E SUMA ini mengungkapkan bahwa pihaknya berharap agar seyogyanya teman teman di P3E Kalimantan dapat bersatu padu bekerja bersama,  mengingat areal kerja Ekoregion Kalimantan merupakan sabuk dari ‘green forest’ serta merupakan calon IKN yang baru.

“Kita juga berharap teman teman menerima manfaat dari diri kita sendiri,”ujar  peraih ASN teladan tingkat Pratama 2021 dari Kementerian PAN-RB ini.

“Siapakah sebenarnya yang rugi dan sesuatu yang dapat menyelamatkan diri saya sendiri,”tanya Darhamsyah dihadapan para peserta.

 

Dikatakan Anthony Robbins, seorang Coach dari  Mantan Presiden AS Obama dan Coach dari  selebritis terkenal  Oprah Winfrey.

 

“Bahwa adalah ketika kita berkontribusi, kita memberikan manfaat kepada orang lain maka yakinlah hidup kita akan semakin berarti,”ungkap Darhamsyah menyampaikan pesan dari Coach Anthony Robbins.

 

“Perasaan berkontribusi itu penting, Ketika kita berkontribusi ada sesuatu hal yang tak dapat diukur dengan uang,”ucap Darhamsyah yang juga seorang Certified Profesional Coach Internasional.

 

Ketika kita apatis terhadap kantor kita sendiri, yakinlah kita sendiri yang akan mematikan pikiran kita, dengan  cara menshutdown pikiran kita  itu sendiri .

 

Ketika kita cinta akan pekerjaan kita dan cinta akan  tugas  kita maka semuanya akan bernilai ibadah.

 

“Saya juga melihat teman teman di keseluruhan P3E yang tersebar di seluruh Indonesia, kita mempunyai karakteristik dan dasar,”ujar Kapus P3E SUMA-KLHK.

 

“Sebagaimana kita ketahui, P3E atau Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion merupakan simpul, sebagai center off excellent , simpul koordinasi, simpul evaluasi, dsb,”ujar Dr.Darhamsyah yang juga penulis buku Enjoy Life with Ecolife ini.

 

Salah satunya  di P3E Kalimantan yang  juga merupakan simpul di Tanah Borneo serta terpenting adalah semangat dan budayanya.

“Dalam hal ini itu adalah hal yang terpenting selain teknik ATM, amati tiru modifikasi,”pungkasnya dihadapan para peserta dari P3E Kalimantan dan peserta dari P3E SUMA-KLHK.

Bagikan