Bahas Penegakan Hukum di Indonesia, Hidjaz SC FH UMI Gelar Dialog

Hidjaz SC FH UMI
Bahas Penegakan Hukum di Indonesia, Hidjaz SC FH UMI Gelar Dialog

Terkini.id, Makassar – Hidjaz Study Club Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (Hidjaz SC FH UMI) menggelar Dialog Hukum, Senin 11 Maret 2019, di Warkop Dottoro, Jalan Boulevard Panakukang, Makassar.

Dialog yang mengusung tema “Problematika Penegakan Hukum yang Berkedaulatan” ini menghadirkan narasumber dari Polda Sulsel, Kejati Sulsel, dan Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Indonesia (PBHI).

Ketua PBHI, Abdul Azis Saleh dalam paparan materinya mengungkapkan, penegakan hukum saat ini jauh lebih baik dibanding zaman orde baru.

“Penegakan hukum saat ini lebih baik dari zaman orde baru. Kalau kita dari masyarakat sipil melihat penegakan hukum saat ini, ada beberapa poin yang menjadi catatan. Poin-poin ini kami catat untuk kemajuan penegakan hukum di Indonesia,” ujarnya.

Contohnya, kata Azis, moral penegak hukum di Indonesia masih terbilang buruk.

“Secara faktual masih ada oknum aparat penegak hukum misal dari kejaksaan yang tertangkap korupsi oleh KPK. Inilah saya kira problema penegakan hukum yang berkeadilan, bagaimana hal itu bisa tercapai kalau penegaknya saja malah bermain-main dengan hukum,” terangnya.

PBHI: Masyarakat kita belum sadar secara hukum

Poin berikutnya yang pihaknya kritisi yakni proses penegakan hukum yang dilakukan para penegak hukum masih kental dengan aroma transaksional.

“Masih ada proses transaksional yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tertangkap oleh KPK,” ujar Azis.

“Kemudian poin selanjutnya, masyarakat kita belum sadar secara hukum. Contoh kecil misalnya, kalau di lampu merah, masih lampu kuning kita langsung tancap kendaraan, tapi kalau orang Jepang mereka menunggu sampai lampu hijau, karena mereka menggunakan hatinya untuk taat secara hukum,” sambungnya.

Masalah lainnya, kata dia, yakni masih adanya intervensi kekuasaan dalam penegakan hukum.

“Begitulah poin problematika hukum saat ini secara fakta di lapangan,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri puluhan mahasiswa Fakultas Hukum UMI, dan ditutup dengan sesi tanya jawab.

Komentar
Terkini