Belum Tahu? Ini Perbedaan Bunga dan Bagi Hasil Perbankan Syariah

Terkini.id, Makassar – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hari ini melansir infografik perbedaan antara sistem bunga yang diterapkan bank-bank konvensional dengan sistem bagi hasil yang diterapkan bank syariah.

Untuk anda tahu, bank syariah saat ini berkembang cukup pesar, dan menjadi alternatif sistem perbankan bagi masyarakat yang ingin menjalankan transaksi usahanya dengan menggunakan prinsip syariah.

Dalam menjalankan kegiatannya, salah satu prinsip yang digunakan adalah prinsip bagi hasil yang memberikan alternatif sistem perbankan yang saling menguntungkan bagi masyarakat dan bank. ⁣⁣⁣
⁣⁣⁣
Sistem bagi hasil merupakan salah satu yang membedakan antara perbankan syariah dan konvensional.

Dalam sistem bagi hasil, pembagian keuntungan usaha disesuaikan dengan nisbah (porsi bagi hasil) yang disepakati saat akad.

Jika usaha itu tidak mendapatkan keuntungan, kerugian akan ditanggung bersama pihak bank jika menggunakan akad Mudharabah kecuali jika nasabah melakukan kesalahan disengaja, lalai, atau menyalahi perjanjian.

Menarik untuk Anda:

Kerugian juga dapat ditanggung oleh pihak bank dan nasabah sesuai kontribusi modal jika menggunakan akad musyarakah.

Selain itu, porsi pembagian bagi hasil berdasarkan nisbah (yang disepakati bersama) berlaku tetap sama, sesuai akad, hingga berakhirnya masa perjanjian pembiayaan (untuk pembiayaan konsumtif).⁣⁣⁣
⁣⁣⁣
Nah, grafik perbedaan antara bunga dan bagi hasil bisa anda lihat pada grafik di atas.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Geger 4 Persen Emas di China Diduga Palsu usai Skandal Pemalsuan Terbesar Diungkap

Bos Muamalat Sulampua Pimpin Asosiasi Bank Syariah Sulsel

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar