Expo Inklusi Keuangan OJK di Pantai Losari, Hadiah Motor hingga Rumah

Terkini.id, Makassar – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulampua bersama Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) akan menghelat ekspo di Pantai Losari pada 26-27 Oktober 2019.

Ekspo Literasi dan Inklusi Keuangan tersebut digelar demi mengajak masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas jasa keuangan, baik itu perbankan, asuransi hingga investasi saham.

Dalam kegiatan expo bertema ‘Inklusi Keuangan untuk Semua Itu’, OJK menghadirkan pameran produk sejumlah Lembaga Jasa Keuangan (LJK), hingga produk kerajinan atau oleh-oleh buatan UMKM Binaan LJK di Sulsel.

Produk-produk keuangan dan karya UMKM tersebut akan mengisi 143 tenant selama expo berlangsung.

Ketua OJK Sulampua, Zulmi menyebutkan, ekspo ini digelar untuk memacu literasi dan inklusi keuangan.

Kelompok masyarakat menengah bawah, relatif belum mendapatkan akses terhadap produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai kebutuhan dan kemampuannya.

“Hasil Survey Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan OJK 2016 lalu menunjukkan, tingkat pemahaman masyarakat terhadap produk serta layanan jasa keuangan msih rendah.

Hanya 29,7 persen, sementara tingkat inklusi mencapai 67,8 persen,” ungkap Zulmi, saat konferensi pers terkait Expo Literasi dan Inklusi Keuangan, di Hotel Swissbel Makassar, Rabu 16 Oktober 2019.

Zulmi menggelar jurnalis update bersama Regional Manager PT Panin Bank KTI Andi Hudli Huduri, Kepala Kanwil Bank BTN V Sulampua, Edward Alimin yang juga panitia expo, hingga Jurnalis Senior Sulsel Andi Suruji.

Zulmi mengungkapkan, sesuai Perpres Nomor 82 Tahun 2016, telah ditetapkan target keuangan inklusif yaitu 75 persen pada akhir 2019.

Jumlah tersebut setara 145 juta penduduk dewasa yang memiliki akses lembaga keuangan formal.

“Dengan demikian dibutuhkan sekitar 50 juta rekening baru untuk mencapai target itu. Apalagi telah ditetapkan Perpres Hari Menabung pada tanggal 20 Agustus,” tutur Zulmi.

Pada acara ini nantinya, OJK akan memublikasikan dan mengoptimalkan program-program inklusi keuangan antara lain Simpanan Pelajar (SimPel).

Peserta kegiatan expo adalah seluruh Lembaga Jasa Keuangan di Sulawesi Selatan, UMKM binaan LJK, UMKM binaan pemerintah kabupaten/kota, dan masyarakat umum, dengan jumlah booth sebanyak143.

Grandprize Satu Unit Rumah

Sementara bentuk kegiatan berupa pameran produk UMKM, edukasi produk industri keuangan, donor darah dan medical checkup fun bike, fun walk, fun run, senam fighting, dan lainnya.

“Kami juga menyiapkan hadiah grandprize berupa satu unit rumah, motor, emas, tabungan, dan lainnya. Jadi mari ramaikan acara ini nanti,” tutup Zulmi.

Komentar

Rekomendasi

Bank Sulselbar Perbanyak Loket dan Gratiskan Biaya ATM Demi Cegah Covid-19

Benarkah Kredit di Bank dan Leasing Bisa Ditunda? Begini Penjelasan Rinci OJK

Stabilkan Pasar Saham, OJK Bolehkan Perusahaan Tunda RUPS Tahunan dan Laporan Keuangan 2019

Kredit Macet Menghantui di Tengah Wabah Corona, OJK Longgarkan Kredit untuk Debitur

BI Gelontorkan Rp 300 Triliun untuk Selamatkan Rupiah

Gandeng PT PNM, Bank Sulselbar Pacu Bisnis Ultra Mikro

Kerja Sama Bank Sulselbar, Go-Pay Kini Terima Pembayaran Pajak PBB Warga Sulsel

Komitmen Manulife di Palu Mendapat Respons Positif Masyarakat

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar