Beredar Foto Papan Nama Jalan Habib Rizieq di Abu Dhabi, Ini Faktanya

Terkini.id, Jakarta – Beredar postingan foto yang memperlihatkan jalan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab diberi nama pentolan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq.

Foto tersebut diunggah pengguna Facebook Roro pada 21 Oktober. Dalam foto postingannya, terlihat jalanan itu diberi nama “Jln Habib Rizieq Tak Bisa Pulang”.

“Wew..pgn ketawa takut dblng kafir dgn pasukan Kadrun dan Kadrun yg kere dan burik????????????????” tulis Roro.

Baca Juga: Jualan Minyak Wangi Bawa Pengaruh Besar Bagi FPI, Novel Bamukmin...

Namun, berdasarkan penelusuran fakta pada Jumat 23 Oktober 2020, foto papan nama Jalan Habib Rizieq tersebut merupakan foto editan.

Aslinya, papan nama jalan itu adalah Jalan Presiden Joko Widodo yang baru saja diresmikan Pemerintah Uni Emirat Arab di Abu Dhabi.

Baca Juga: Ferdinand Diminta Bertobat dan Belajar Agama dari Habib Rizieq, Novel:...

Jalan Presiden Jokowi tersebut telah diresmikan pada Senin 19 Oktober 2020 oleh Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan, anggota sekaligus Chairman Abu Dhabi Executive Office.

Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Abu Dhabi, Nur Ibrahim mengungkapkan, kegiatan peresmian nama jalan itu turut dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Uni Emirat Arab (UEA).

Turut hadir pula sejumlah pejabat Kementerian Luar Negeri UEA dan Abu Dhabi Municipality. Nur mengatakan, penamaan Jalan Presiden Jokowi ini merefleksikan hubungan erat antar pemerintah Indonesia dengan UEA.

Baca Juga: Ferdinand Diminta Bertobat dan Belajar Agama dari Habib Rizieq, Novel:...

“Penamaan jalan Presiden Joko Widodo merefleksikan hubungan erat RI–UEA, sekaligus bentuk penghormatan (tribute) Pemerintah UEA kepada Presiden RI saat ini Joko Widodo dalam memajukan hubungan bilateral RI –UEA selama menjabat sebagai kepala negara,” kata Nur dalam keterangan tertulis, Selasa 20 Oktober 2020.

Menurut dia, Jalan Presiden Jokowi terletak di salah satu ruas jalan utama yang membelah ADNEC (Abu Dhabi National Exhibition Center) dengan Embassy Area. Kawasan tersebut biasa ditempati sejumlah kantor perwakilan diplomatik.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa postingan foto akun Facebook Roro terkait papan nama jalan Habib Rizieq adalah foto editan dan masuk kategori hoaks.

Klaim tersebut masuk dalam kategori hoaks Manipulated Content atau konten yang dimanipulasi.

Bagikan