Beredar Kabar Jokowi akan Lanjut Tiga Periode Demi Proyek Nasional, Ini Faktanya

Jokowi
Presiden Jokowi. (Gesuri.id)

Terkini.id, Jakarta – Beredar kabar di media sosial yang menyebut bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melanjutkan tiga periode kepemimpinannya demi meneruskan proyek infrastruktur nasional.

Kabar tersebut diunggah oleh pengguna Facebook Puaverru Dacrus pada 18 Oktober. Ia membagikan kabar itu ke dalam grup FB Seruput Kopi Bareng Jokowi.

Dalam unggahannya, Puaverru Dacrus melampirkan foto yang mengklaim bahwa Jokowi akan melanjutkan kepemimpinannya sebagai Presiden RI menjadi 3 periode demi proyek inrastruktur nasional maupun internasional.

Berikut narasi unggahan akun Puaverru Dacrus:

“Presiden Jokowi lanjutkan 3 periode demi Proyek Infrastruktur Nasional maupun Internasional dgn Negara2 tetangga

Menarik untuk Anda:

SUKSES MEMBANGUN INFRASTRUKTUR DI NEGERI SENDIRI

JOKOWI DIPERCAYA AFRIKA

MALI-SINEGAL

INDONESIA

BANGUN PENGHUBUNG 2 NEGARA SEPANJANG 1.023 KM”.

Unggahan akun Puaverru Dacrus soal Jokowi akan lanjutkan tiga periode kepemimpinannya. (Turnbackhoax.id)

Namun, berdasarkan hasil penelusuran situs Turnbackhoax.id, Sabtu 24 Oktober 2020, klaim yang menyebut Presiden Jokowi akan melanjutkan kepemimpinannya tiga periode adalah klaim yang keliru atau hoaks.

Faktanya, tidak ada pernyataan resmi dari Pemerintah Pusat terkait penambahan satu periode Presiden Jokowi demi infrastruktur.

Adapun penambahan masa jabatan presiden hingga tiga periode bertentangan dengan UUD 1945 pasal 7 yang menyatakan bahwa Presiden dan Wakil Presiden hanya menjabat selama lima tahun dalam setiap periodenya. Selanjutnya dapat dipilih kembali hanya untuk satu kali masa jabatan.

Selain itu, penambahan atau pengurangan periode harus melalui persetujuan DPR dan diputuskan oleh MK. Namun, sampai saat ini tidak ada wacana bahkan keputusan atas penambahan satu peride tersebut.

Sementara itu, proyek jalur kereta api sepanjang 1.023 km sendiri merupakan garapan PT INKA (Industri Kereta Api). PT INKA dalam hal ini adalah sebagai project developer yang melakukan upgrading jalur kereta api penghubung Mali Sinegal.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan unggahan akun Puaverru Dacrus yang menyebut Presiden Jokowi akan melanjutkan kepemimpinannya tiga periode demi proyek infrastruktur adalah klaim yang salah atau hoaks.

Klaim tersebut masuk dalam kategori Missleading Content atau konten yang menyesatkan.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Direktur Yayasan PerDIK Nilai TSY Paling Mengerti Kebutuhan Difabel

Update Pasien Meninggal Covid-19: Tambah 109 Orang, Total 16.111

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar