Beredar Video Ratusan Skripsi Mahasiswa Dibuang dari Jendela, Ini Faktanya

Skripsi mahasiswa dibuang dari jendela. (Foto: Ist)

Terkini.id, Pekanbaru – Sebuah video yang memperlihatkan ratusan skripsi mahasiswa dibuang pihak kampus dari jendela membuat heboh warganet.

Adapun peristiwa dalam video tersebut diketahui terjadi di Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, Riau.

Dalam video berdurasi 21 detik tersebut, terlihat bundelan skripsi mahasiswa berjumlah sekitar ratusan itu tertumpuk di teras hingga ke halaman kampus.

Dilihat dari video yang beredar, juga tampak seseorang dari lantai dua membuang skripsi-skripsi tersebut dari jendela.

Dari bawah jendela, juga terlihat seorang laki-laki sedang mengumpulkan bundel skripsi yang bertumpuk ke dalam karung berukuran besar.

Menarik untuk Anda:

Menanggapi video viral tersebut, Rektor Unilak Dr Junaidi memberikan klarifikasinya.

“Terkait video viral tentang Universitas Lancang Kuning, saya mau menyampaikan beberapa klarifikasi,” kata Junaidi, Senin, 6 Juli 2020 seperti dikutip dari kompascom.

Adapun klarifikasi Junaidi yakni pertama bahwa skripsi tersebut merupakan skripsi lama yang sudah rusak dan harus dipindahkan ke tempat lain.

Kedua, pihaknya mengakui dan meminta maaf dengan cara pemindahan bundelan skripsi yang mestinya tidak dibuang seperti itu.

“Kami akui cara pemindahannya tidak benar. Dan itu tentu melukai kita, melukai insan akademis juga,” ujarnya.

Ketiga, lanjut Junaidi, sebagai pertanggungjawaban, pihaknya telah mengganti Kepala Perpustakaan, karena ada kelalaian yang bersangkutan.

“Kepala perpustakaan sudah saya ganti, karena ada kelalaian dia. Sebenarnya dalam SOP kita tidak ada seperti itu. Ini lebih kepada human eror dalam memindahkan skripsi,” ujar Junaidi.

Ia menjelaskan, bundelan skripsi mahasiswa yang dibuang dari lantai dua kampus itu terjadi pada Jumat, 3 Juli 2020.

Skripsi mahasiswa tersebut, kata Junaidi, adalah skripsi-skripsi yang sudah lama dan rusak, sehingga akan dipindahkan ke tempat lain.

Namun menurutnya, pada saat skirpsi itu dipindahkan dengan cara dibuang, ada mahasiswa yang diduga merekam kejadian tersebut hingga viral di media sosial.

“Kita gak tahu siapa yang merekamnya dan tiba-tiba sudah viral saja. Dan kami meminta maaf atas kejadian ini,” ujar Junaidi.

Hingga berita ini dibuat, video yang memperlihatkan skripsi mahasiswa dibuang dari luar jendela tersebut masih berseliwiran di media sosial.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Lebanon Memohon Bantuan Dunia Usai Musibah Ledakan Beirut

Rahman Bando Resmi Pensiun Dini, Jabatan Kepala DP2 Makassar Masih Lowong

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar