Buat Mahasiswa Tingkat Akhir, Ini Cara Agar Kamu Tidak Stres Hadapi Skripsi

Stres
Cara agar tidak stres hadapi skripsi. (Foto: Anak UI)

Terkini.id – Masa-masa menjadi mahasiswa adalah masa yang sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, menjadi mahasiswa dapat dikatakan sebagai tahapan seseorang yang dianggap lebih dewasa. Bukan hanya sebatas usia, tapi diharapkan menjadi dewasa dalam sikap dan pola pikir.

Sebagai mahasiswa, kamu akan melalui banyak proses pembelajaran yang belum pernah dirasakan saat di bangku sekolah. Meski seringkali terasa menyenangkan, mahasiswa pun akan mengalami masa yang cukup berat.

Yah, masa itu akan tiba saat proses perkuliahanmu telah sampai di jenjang tingkat akhir, dimana kamu akan menghadapi yang namanya skripsi.

Meski sebagian mahasiswa ada yang tetap bisa menikmati saat menjalani skripsi. Namun tak jarang pula yang sampai stres, bahkan menyerah.

Nah, untuk menghadapi tekanan dari skripsi atau tugas akhir, Psikolog anak dan remaja, Vera Itabiliana Hadiwidjojo menuturkan tips jitu yang dimulai dari hal kecil.

Dilansir dari Okezone, Vera mengatakan, mencegah stres berlebih akibat skripsi bisa dilakukan dengan memberikan waktu untuk diri sendiri untuk melakukan hal lain.

“Berikan diri sendiri time-out secara berkala untuk melakukan kegiatan yang sifatnya stress release, seperti olahraga rutin,” tutur Vera.

“Seringkali hal yang membuat para mahasiswa merasa stres adalah penulisan skripsi yang jumlahnya berlembar-lembar serta proses penelitian yang memang memakan waktu banyak,” sambungnya.

Vera mengatakan jika hal itu memang tidak bisa dihindari, namun salah satu kuncinya adalah mencari teman diskusi.

“Hal ini dapat dilakukan bagi mereka untuk berbagi kesulitan dengan orang lain dan tidak memendamnya sendiri,” ujarnya.

Ibu dua anak ini menambahkan, jika para mahasiswa dapat mencegah potensi stres akibat skripsi dengan memberikan reward atau hadiah kepada diri sendiri. Hal itu dapat dilakukan setiap mencapai keberhasilan.

“Misalnya, berhasil menyelesaikan bab 1, reward diri sendiri dengan ke salon atau ke tempat yang disukai,” jelasnya.

Stres
Ilustrasi mahasiswa stres akibat skripsi. (Foto: Lyceum)

Kasus depresi akibat skripsi

Sempat heboh diberitakan, beberapa kasus depresi yang dialami mahasiswa akibat skripsi. Salah satu kasus tersebut pernah terjadi di Medan pada 2016, silam.

Kala itu, seorang mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), berinisial RS tega membunuh dosen pembimbingnya, Nurain Lubis, karena tekanan skripsi.

Komentar
Terkini