Masuk

Berkah IKN Pindah, Riza Patria: Saingan Jakarta Bukan Lagi Kota di Indonesia

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

Seperti yang diketahui bahwa Ibu Kota Negara (IKN) akan pindah dari Jakarta ke Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Rencananya, pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur akan dilakukan secara bertahap hingga tahun 2045.

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD DKI Nilai Jakarta Siap Jadi Kota Ekonomi Usai Ibu Kota Pindah

Sejumlah persiapan kini telah dilakukan pemerintah pusat, di antaranya dengan membentuk Badan Otorita IKN.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria meyakini bahwa kedepannya, saat IKN pindah ke Kalimantan Timur, Jakarta akan mampu bersaing dengan kota global dunia, seperti Sydney hingga Washington DC.

Oleh karena itu, menurutnya pemindahan ibu kota akan menjadi peluang besar bagi Jakarta untuk menjadi pusat ekonomi dan bisnis regional hingga global.

Baca Juga: Kasus Penyekapan dan Ekploitasi Seksual ABG 15 Tahun di Apartemen Memasuki Tahap Penyidikan

Seperti yang dilansir dari Sindo, dijelaskan bahwa untuk merealisasikan hal tersebut, pihaknya kini tengah menyusun Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Jakarta tahun 2023-2026 sebagai pusat ekonomi dan bisnis berskala global.

“Saingan kota Jakarta bukan lagi kota lain di Indonesia, saingan Jakarta ke depan adalah Singapura, Kuala Lumpur, Washington, Sydney,” kata Riza Patria dalam seminar tentang IKN di Jakarta, Rabu 23 Maret 2022.

“Masa depan Jakarta pasca-pemindahan ibu kota harus dimanfaatkan sebagai peluang untuk menjadi kota yang lebih maju lagi,” tambahnya lagi.

Kemudian Riza Patria juga mengatakan bahwa saat ini pemerintah DKI Jakarta bersama para pakar dan berbagai elemen terkait juga tengah menyusun konsep naskah akademik Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Kekhususan Jakarta sebagai payung hukum setelah tak lagi menjadi ibu kota negara.

Baca Juga: Ji Chang-wook Dijadwalkan Menggelar Jumpa Fans di Jakarta Bulan Desember Mendatang

Jakarta, ujar Riza, diyakini akan tetap menjadi salah satu kota termaju di Indonesia.

Hal itu karena Jakarta merupakan kota pusat bisnis yang berkontribusi 17 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional sehingga akan terus didatangi warga dan para pelaku bisnis.

“Yang jelas dengan berbagai keunggulan  Jakarta terutama dari sisi infrastruktur, sumber daya manusia, kami yakin bahwa Jakarta akan tetap eksis sebagai kota termaju di Indonesia,” ungkapnya.