BREAKINGNEWS: Pulau Sumba Kembali Diguncang Gempa

Pulau Sumba Kembali Diguncang Gempa

Terkini.id, Sumba Timur – Gempa bumi bermagnitudo 4,6 mengguncang wilayah Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat 21 Februari 2020 sekitar pukul 10:13:10 Wita.

Gempa dengan kedalaman 68 kilometer itu juga dirasakan di Waingapu Pulau Sumba Nusa Tenggara Timur.

Menurut keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui media sosialnya menyebutkan gempa bumi tektonik tersebut berpusat di laut terletak pada koordinat 9.75 LS dan 120.63 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 42 km Tenggara Waingapu-NTT, pada kedalaman 68 km.

“Untuk jenis dan mekanisme gempa bumi ini dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktifitas subduksi lempeng Indonesia-Australia di bawah lempeng Eurasia,” katanya dalam keterangan tertulis.

Disebutkan pula bahwa hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Namun BMKG mengingatkan belum ada gempa bumi susulan.

View this post on Instagram

*GEMPABUMI TEKTONIK M=4.6 DIRASAKAN DI WAINGAPU* *Kejadian dan Parameter Gempabumi* Jum’at, 21 Februari 2020 pukul 10:13:10 WITA, wilayah Sumba Timur diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,6. Episenter terletak pada koordinat 9.75 LS dan 120.63 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 42 km Tenggara WAINGAPU-NTT, pada kedalaman 68 km. *Jenis dan Mekanisme Gempabumi* Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktifitas subduksi lempeng Indo-Australia dibawah lempeng Eurasia. *Dampak Gempabumi* Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Waingapu sebesar III MMI *(Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.)*. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. *Gempabumi Susulan* Hingga pukul 10.38 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. *Rekomendasi* Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. Denpasar, 21 Februari 2020 Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar Drs.M. Taufik Gunawan, Dipl SEIS

A post shared by BMKG (@infobmkg) on

Menarik untuk Anda:

“Hingga pukul 10.38 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Kami menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya,” terangnya lagi.

Hingga berita ini diturunkan, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Waingapu sebesar III MMI ini hanya merasakan adanya getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg,” ajak Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, Drs.M. Taufik Gunawan, Dipl SEIS seperti dikutip di laman Instagram BMKG.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Pemeriksaan Suket Rapid Tes di Batas Kota Makassar Dihentikan

Ini Rahasia Anggota Brimob Mampu Kurban 84 Sapi dan 4 Kambing

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar