Bupati Bulukumba Kembali Raih Government Award Kategori Pariwisata

Pemerintah Kabupaten Bulukumba menerima penghargaan Governmet Award 2019 untuk kategori Pariwisata.

Terkini.id,Jakarta – Pemerintah Kabupaten Bulukumba menerima penghargaan Governmet Award 2019 untuk kategori Pariwisata. Anugerah penghargaan ini diterima langsung oleh Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali yang diserahkan Menteri Desa PDT Eko Putro Sandjojo pada Malam Apresiasi Government Award 2019, di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa 30 April 2019 malam.

Government Award merupakan ajang tahunan yang dimotori Majalah SINDO Weekly dengan memberikan penghargaan kepada kepala daerah yang dinilai berhasil melakukan berbagai inovasi dalam pengelolaan pembangunan di daerah masing-masing.

Pelaksanaan Government Award tahun ini merupakan yang ke-6 dilaksanakan sejak tahun 2014. Adapun motivasi pemberian penghargaan didasarkan atas prestasi yang telah ditoreh pemerintah daerah, termasuk oleh kepala daerahnya.

Anugerah ini diberikan berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Tim MNC Group bersama Redaksi SINDO Weekly bekerja sama dengan sejumlah akademisi dengan memperhatikan keaslian ide, kelembagaan yang menangani inovasi, perangkat aturan yang digunakan untuk menjamin agar inovasi ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

Yang tak kalah penting, inovasi itu harus mendatangkan keunggulan daya saing daerah dan memberi manfaat yang besar bagi masyarakat.

Penghargaan Government Award untuk kategori Pariwisata yang diberikan kepada Bupati selaku pucuk pimpinan Pemerintah Kabupaten Bulukumba karena dinilai sangat baik dalam mendorong pengembangan pariwisata di daerahnya.

Salah satu indikatornya adalah sejak tahun 2018 sampai tahun 2019, event pariwisata Festival Pinisi masuk dalam 100 Wonderful Event Indonesia dari Kementerian Pariwisata.

Pemimpin Redaksi Majalah SINDO Weekly, Nevy Hetharia mengatakan, pemerintah pusat telah memberikan dorongan kepada pemerintah daerah untuk melakukan inovasi itu.

Bahkan, melalui penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah, dinyatakan bahwa pemerintah daerah harus melakukan aneka inovasi untuk menyelenggarakan urusan pemerintah di daerah.

“Inovasi itu diperlukan untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, baik dalam peningkatan Pelayanan Publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat, serta peningkatan daya saing daerah,” kata Nevy.

Sementara itu, AM Sukri Sappewali mengaku bersyukur atas penghargaan yang diterima. Menurutnya upaya yang telah dilakukan dalam pengembangkan daerah, khususnya pada sektor pariwisata Bulukumba mendapat penilaian dan apresiasi dari pihak yang berkompeten.

“Penghargaan ini tentu akan menjadi motivasi untuk bekerja lebih baik. Dengan dorongan dan kerjasama dari pemerintah provinsi dan pusat, kita optimis Bulukumba menjadi destinasi wisata favorit di Indonesia dan mancanegara,” ungkapnya.

Pada malam tersebut, beberapa kepala daerah juga menerima Government Award untuk berbagai kategori, seperti pertumbuhan ekonomi, pengentasan kemiskinan, infrastruktur, dan inovasi birokrasi.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Bulukumba

Breaking News: Buruh PT Lonsum Mogok Kerja

Terkini.id,Makassar – Seribuan karyawan baik pabrik dan kebun PT London Sumatera (Lonsum) di Bulukumba, perusahaan perkebunan bergerak di industri perkebunan kelapa sawit dan karet, kembali