Cara Ini Dapat Mengatasi Kebiasaan Lupa Minum Air Putih

Terkini.id, – Minum air putih seharusnya menjadi kebiasaan yang tidak boleh sering dilupakan, karena air sangat dibutuhkan tubuh manusia. Mengingat tubuh kita terdiri dari dua pertiga komposisinya adalah air.

Tubuh dipastikan harus selalu terhidrasi minum air yang cukup, sayangnya banyak orang sering memiliki kebiasaan lupa minum air putih.

Tubuh yang terhidrasi akan membantu menjaga kesehatan dan menjalankan fungsi vital kehidupan bagi tubuh.

Baca Juga: Kiat Menjaga Kesehatan Tubuh dan Menghindari Penyakit di Masa Sekarang

Adapun takaran untuk minum air bagi setiap orang berbeda-beda disesuaikan dengan berat badan dan tingkat aktivitas keseharian.

Sering lupa minum air dapat menyebabkan dehidrasi yang ditandai urin menjadi berwarna gelap, tubuh merasa lelah, hilang konsentrasi dan mulut menjadi kering.

Baca Juga: 95 Persen Orang Indonesia Punya Kebiasaan Minum Air dari Botol...

Dehidrasi yang terjadi dalam jangka panjang dapat menyebabkan sakit kepala kronis, sembelit, infeksi saluran kemih dan batu ginjal yang memicu penyakit ginjal.

Bahkan jika dehidrasi akut dan tidak tertangani bisa mengancam nyawa.

Untuk mengatasi kebiasaan kurang minum air putih atau sering melupakan minum, ada beberapa kiat yang bisa dipraktikan agar terhindar dari dehidrasi 

Baca Juga: 95 Persen Orang Indonesia Punya Kebiasaan Minum Air dari Botol...

1. Infuse Water

Banyak orang tidak suka rasa air putih saja, untuk memberi tambahan rasa bisa menyiasati dengan menambahkan irisan buah seperti potongan lemon, daun mint atau ketimun. Selain memberi rasa yang berbeda terhadap air putih, fungsinya sebagai infuse water berguna untuk mendetoksifikasi tubuh dari racun-racun.

Rasa yang berbeda dari tambahan buah tersebut akan membangkitkan hasrat untuk minum. Selain itu bisa menambahkan es untuk menyegarkan ketika diminum.

2. Makan Makanan Tinggi Air

Jika tidak terbiasa mengonsumsi air minimal delapan gelas perhari, bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang tinggi air. Makan buah yang kadar airnya tinggi seperti semangka dan sayur yang memiliki kadar air tinggi seperti bayam. Biasakan juga selalu minum air putih setelah makan.

3. Sediakan Botol Air Berukuran Besar

Menyediakan botol berukuran besar satu liter atau lebih dan memastikan air tersebut harus habis diminum akan membantu mengingatkan tubuh untuk selalu mengonsumsi air.

Membawa botol tersebut kemana kita pergi akan menjadi pengingat untuk segera minum dan menghabiskan air tersebut.

4. Gunakan Aplikasi Pengingat

Aplikasi pengingat yang bisa disetel dari smartphone bisa membantu mengingatkan kita untuk selalu minum air putih.

Cara ini akan cukup efektif untuk diterapkan sehingga mengingatkan kita minum air dapat menghindari tubuh dari dehidrasi dan jika pola ini selalu diterapkan maka lama kelamaan akan menjadi kebiasaan dan dengan sendirinya tanpa pengingat kita akan selalu tergerak untuk minum air putih.

Bagikan