Hati-hati, Ini Dampak Negatif Terlalu Banyak Minum Air Putih

Air Putih
Ilustrasi minum air putih. (Foto: bustle)

Terkini.id – Seperti kita tahu bersama, sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan H2O sehingga sangat penting bagi tubuh untuk memiliki kadar air yang cukup. Tubuh akan kesulitan melakukan tugasnya apabila kekurangan air.

Hampir sebagian besar orang beranggapan, bahwa mengonsumsi air putih dalam skala besar akan berdampak positif bagi tubuh.

Namun ternyata, terlalu banyak minum air putih dapat menimbulkan efek negatif, bahkan berujung pada kematian. Berikut dampak negatif terlalu banyak meminum air putih seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Terganggunya fungsi jantung

Organ vital yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh adalah jantung. Namun, dengan mengkonsumsi air yang berlebihan akan menyebabkan volume darah meningkat sehingga jantung akan bekerja lebih keras.

Hal tersebut berdampak buruk pada peningkatan tekanan pada pembuluh darah yang bisa berakibat gangguan jantung serius.

2. Timbul rasa mual

Cairan berlebih dalam tubuh dapat menyebabkan sejumlah gejala, seperti mual, diare, atau dalam beberapa kasus dapat menyebabkan muntah. Minum air lebih dari kebutuhan tubuh dapat membuat ginjal bekerja lebih berat untuk mengeluarkan kelebihan air.

Air Putih
Minum air putih. (Foto: sehatfresh)

3. Sering buang air kecil

Jika terlalu banyak meminum air, maka membuat saluran kencing bekerja lebih keras yang akan berdampak pada meningkatnya frekuensi air seni. Hal ini juga akan berdampak pada dehidrasi karena terlalu banyak cairan yang terbuang bersama urine.

4. Terjadinya pembengkakan pada otak

Otak merupakan organ yang paling membutuhkan energi dan 75 persennya adalah air. Namun, kelebihan air yang masuk ke otak akan membuat selaput otak mulai bengkak. Ini situasi yang sangat berbahaya karena bisa disusul dengan pendarahan otak.

Berita Terkait
Komentar
Terkini