Cegah Virus Corona, Kemenhub Keluarkan 4 Poin Larangan Terbang ke Wuhan China

Bandara Wuhan Tianhe China/ Ist

Terkini.id, Jakarta – Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menerbitkan surat edaran terkait imbauan larangan maskapai penerbangan nasional terbangi Bandar Udara Internasional Wuhan Tianhe, China.

Surat edaran bernomor : SE.001/DKP/I/2020 tanggal 20 Januari 2020 ditujukan kepada maskapai nasional yang melakukan penerbangan ke Bandar Udara Internasional Wuhan Tianhe, China.

Imbauan ini juga dipakai untuk menindaklanjuti surat dari NOTAM G0108/20 yang diterbitkan oleh International Notam Office Beijing. Berdasarkan informasi yang tertulis dalam NOTAM G0108/20, penerbangan ke Bandara Internasional Wuhan Tianhe tak bisa dilakukan mulai 23 Januari pukul 11.00 UTC (18.00 WIB) sampai 02 Februari pukul 15.59 UTC (22.59 WIB), kecuali untuk penerbangan darurat.

Berikut 4 poin yang tertuang dalam surat edaran Kementerian Perhubungan terkait larangan penerbangan maskapai nasional yang melakukan penerbangan ke Wuhan, China, sebagai berikut:

  1. Melengkapi Kartu general declaration (Gendec) untuk diberikan kepada petugas karantina kesehatan dibandara kedatangan;
  2. Melaporkan kepada petugas lalu lintas udara yang bertugas (oleh PIC) apabila terdapat orang/ penumpang yang diduga terpapar karena terjangkit di pesawat udara;
  3. Memberikan kartu kewaspadaan kesehatan (alert card) sebelum kedatangan (untuk penerbangan yang berasal dari negara terjangkit) kepada penumpang, dan memastikan kepada penumpang untuk lapor kepada petugas apabila dirinya merasa ada kecurigaan tertular penyakit.
  4. Memberikan pengumuman didalam pesawat (on board) agar penumpang melaporkan kepada petugas KKP pada saat kedatangan bila berasal atau pernah singgah dinegara terjangkit.

Komentar

Rekomendasi

Jusuf Kalla Harap Masyarakat Bisa Terbiasa dengan New Normal

Aman dari Pandemi, 102 Daerah Ini Dibolehkan Berkegiatan di Luar Rumah

Diskusi Pemberhentian Presiden Dapat Teror Pembunuhan, Istana Dukung Panitia Lapor Polisi

Kabar Baik Uji Coba Vaksin Covid-19 di China dan Inggris Sukses, Obat Remdisivir Juga Banyak Berhasil

Dukung Pengembangan Objek Wisata Mangrove Lantebung, Yusran: Kita Ajak Dunia Perbankan

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar