Warganet: Mengapa Pemerintah Belum Keluarkan Travel Warning ke China?

Terkini.id, Jakarta – Penyebaran virus corona telah memakan lebih dari 50 orang korban jiwa. Namun, Indonesia belum menetapkan status travel warning ke negeri Tirai Bambu tersebut. Mengapa?

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) beralasan, pihaknya belum melakukan penetapan travel warning ke China karena belum ada rekomendasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Sementara, rekomendasi Kemenkes tersebut mesti mengacu pada pemberitahuan dari Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

“Sampai saat ini, WHO belum melarang kunjungan ke China,” tutur Pelaksana Tugas Juru Bicara Kemenlu Teuku Faizasyah seperti dikutip dari Tempo, Minggu 26 Januari 2020.

Terkait hal ini, pihak Kemenkes belum memberikan komentar.

Sejauh ini, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan sudah mengeluarkan larangan terbang dari dan ke Wuhan, yang menjadi tempat awal menyebarnya virus tersebut.

Dengan belum adanya travel warning tersebut, sejumlah warganet di media sosial mempertanyakan sikap pemerintah itu.

“Kementerian Luar Negeri RI belum mengeluarkan travel warning ke China. Padahal, penyebaran virus Corona makin mengkhawatirkan. Meskipun sudah jelas bahwa sumber wabah ini dari Wuhan, China,” tulis warganet, Ishaq Rahman.

“Mengapa otoritas kita, baik itu Kemlu maupun Kemenkes begitu hati-hati? Kepentingan nasional apa yang lebih tinggi dari ‘melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia’ seperti yang tertuang dalam konstitusi?

Hal-hal beginilah yang membuat rasa percaya (trust) kepada pemerintah sulit dibangun. Masyarakat selalu diajak untuk menduga-duga dan curiga,” tulis Ishaq lagi.

Seperti diketahui, Pemerintah China menyampaikan korban tewas akibat virus corona di China bertambah menjadi 56 orang dan 1.975 orang telah terinfeksi, Minggu (26/1). Sejak laporan pertama pada 31 Desember 2019, virus tersebut telah menyebar ke sejumlah negara seperti AS, Thailand, Korea Selatan, Jepang, Australia, Prancis, dan Kanada.

Komentar

Rekomendasi

Beri Pesangon Hingga 70 Kali Gaji, Ini Alasan Indosat PHK Ratusan Karyawannya

Rumah Ayah Najwa Shihab Dibobol Maling, Puluhan Juta Rupiah Raib

Tak Terima Anaknya Dihukum, Orang Tua Siswa Paksa Guru Merangkak Depan Murid

Dapat Pesangon 70 Kali Gaji, Segini Uang yang Diterima Karyawan Indosat Kena PHK

Kesal Tak Dipinjami Uang, Pria Ini Bunuh dan Rusak Kemaluan Ibu Mertua

Ratusan Karyawan Indosat yang Kena PHK Dapat Pesangon 70 Kali Gaji

Umrah dan Virus Corona, Menag: Keselamatan Jemaah Hal Utama

Polrestabes Makassar Bongkar Sindikat Pengedar Tembakau Sintetis

Bupati Gowa Imbau Warga dan ASN Segera Lakukan Pengisian Sensus Penduduk Online

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar