Makassar Terkini
Masuk

Cetak SDM Unggul di Bidang Konstruksi, Teknik Sipil Unhas Kolaborasi dengan BJKW VI Makassar

Terkini.id, Makassar – Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Unhas berkolaborasi dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI (BJKW VI) Makassar sukses mengadakan kegiatan Pembekalan Kompetensi Tambahan SDM bidang Vokasional.

Kegiatan yang digelar pada tanggal 12-15 Juli 2022 di Kampus Fakultas Teknik Unhas ini diikuti oleh 200 alumni dan mahasiswa tingkat akhir.

Dalam sambutannya, Ismail Abdul Muttalib, ST, MT., yang merupakan Kepala BJKW VI Makassar mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Direktur Jenderal Bina Konstruksi No. 129 tentang Pemberian Kompetensi Tambahan dan Sertifikasi Kompetensi Bagi Lulusan dan Calon Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Politeknik dan/atau Perguruan Tinggi Bidang Konstruksi serta dalam rangka menciptakan SDM Konstruksi yang sesuai dengan kebutuhan industri konstruksi.

Selama kegiatan tersebut, peserta menerima 17 materi kompetensi tambahan yang dibawakan langusng oleh dosen Departemen Teknik Sipil Unhas.  

Materi pembekalan terdiri atas Budaya Kerja,  Pengenalan Pengadaan Barang/Jasa Pekerjaan Konstruksi, Quality control pekerjaan, beton practek, pengenalan Building Information Modelling (BIM) dan materi lainnya. selain itu, peserta juga menerima materi distance learning Sibima Konstruksi, yang merupakan platform pembelajaran online dari Kementerian PUPR.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiwaan, Alumni dan Kemitraan, Dr. Rustan Tarakka. 

Dalam sambutannya, Dr. Rustan memberikan apreasiasi dan ucapan terima kasih kepada BJKW VI atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini sangat membantu institusi dalam menyiapkan SDM yang berkualitas dan siap kerja,” ujarnya.

“Kegiatan kolaborasi seperti ini sangat dibutuhkan oleh institusi dalam hal capaian indikator kinerja utama Fakultas Teknik Unhas. Semoga kolaborasi dan sinergitas antara FT Unhas dan BJKW VI dapat terus berlanjut demi mencetak SDM unggul di bidang konstruksi,” tambah Prof. Wihardi, Ketua Departemen Teknik Sipil Unhas.

Afandi Andi Basri, ST.,MT selaku Kepala Seksi Pelaksanaan BJKW VI Makassar berharap, ke depan Teknik Sipil Unhas terus bersinergi dengan Kementerian PUPR untuk mendukung berdirinya Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan seperti penyediaan SDM ahli di bidang konstruksi dengan melakukan berbagai pelatihan dan uji sertifikasi kompetensi kerja termasuk pelatihan Building Information Modelling (BIM) ke dosen, mahasiswa dan alumni.